Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Terhadap Minat Berkunjung di Museum Kebangkitan Nasional.

KADEK DWINADYA AGINTHA P.G., KADEK (2022) Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Terhadap Minat Berkunjung di Museum Kebangkitan Nasional. Thesis thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Kadek.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK KADEK DWINADYA AGINTHA P.G. NIM 2017120008. Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Terhadap Minat Berkunjung di Museum Kebangkitan Nasional. Dibawah bimbingan Ibu Ismayanti.A.Par.M.Sc selaku Dosen Pembimbing. Dalam era modernisasi ini pariwisata sejarah kurang diminati oleh masyarakat, Pemerintah juga membatasi tempat wisata dan jumlah pengunjung yang disebabkan oleh masa pandemic. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Museum Kebangkitan Nasional, minat berkunjung terhadap Museum Kebangkitan Nasional serta pengaruh strategi pemasaran melalui sosial media terhadap minat berkunjung di Museum Kebangkitan Nasional. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan teknik likert kepada 100 responden pengikut Instagram dan subcriber Museum Kebangkitan Nasional. Berdasarkan metode analisis tersebut mendapat hasil tertinggi pada strategi pemasaran sebesar 4,49 dalam dimensi sharing of content pernyataannya Museum Kebangkitan Nasional memiliki share of content yang menarik dan mudah dipahami. Sedangkan pada minat berkunjung mendapat nilai tertinggi yaitu sebesar 4,54 dalam dimensi minat transaksional pernyataannya keinginan berkunjung karena dapat melihat langsung semua objek yang ada di Museum Kebangkitan Nasional. Dari hasil perhitungan regresi linear sederhana dan uji t mendapat hasil constant (a) sebesar 1,321 dan nilai strategi pemasaran melalui sosial media sebesar 0,702 serta hasil nilai thitung sebesar 10,665 > 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi dari strategi pemasaran melalui sosial media terhadap minat berkunjung di Museum Kebangkitan Nasional. Jadi, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran melalui sosial media Sangat Baik dengan menggunakan dimensi Online Communities, Interaction, Sharing of Content, Accessibility. Lalu, minat berkunjung sangat tinggi pada Museum Kebangkitan Nasional, serta terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pemasaran melalui sosial media (X) terhadap minat berkunjung (Y). saran yang dapat diberikan peneliti antara lain yaitu sebaiknya admin Museum Kebangkitan Nasional memberitahu step by step untuk melakukan virtual tour di akun sosial media serta pihak museum agar terus melakukan promosi untuk menarik pengunjung datang ataupun melakukan virtual tour dengan menggunakan internet/sosial media dan juga diharapkan dapat tetap konsisten dalam melakukan strategi promosi melalui sosial media sehingga dapat menarik minat pengunjung untuk melakukan wisata sejarah di Museum Kebangkitan Nasional. Kata kunci: Pemasaran Sosial Media, Museum, Pariwisata, Strategi Pemasaran, Minat Berkunjung. iv ABSTRACT KADEK DWINADYA AGINTHA P.G. NIM 2017120008. The Effect of Marketing Strategy Through Social Media on Interest in Visiting the National Awakening Museum. Under the guidance of Mrs. Ismayanti.A.Par.M.Sc as a Advisor Lecturer. In this modernization era, historical tourism is less attractive to the public, the government also limits tourist attractions and the number of visitors caused by the pandemic period. This research was conducted to determine the marketing strategy carried out by the National Awakening Museum, interest in visiting the National Awakening Museum and the influence of marketing strategies through social media on interest in visiting the National Awakening Museum. This research method uses quantitative descriptive analysis, by distributing questionnaires using the Likert technique to 100 respondents who are Instagram followers and subscribers to the National Awakening Museum. Based on the analysis method, the highest result on the marketing strategy was 4.49 in the dimension of sharing of content. The statement said that the National Awakening Museum has a share of content that is interesting and easy to understand. Meanwhile, the interest in visiting got the highest score, which was 4.54 in the dimension of transactional interest, the statement was a desire to visit because it could see first-hand all the objects in the Museum Kebangkitan Nasional. From the results of simple linear regression calculations and t-test results obtained constant (a) of 1.321 and the value of marketing strategies through social media of 0.702 and the results of the t-value of 10.665 > 1.987 and a significance value of 0.000 <0.05 which means that there is influence and significance from marketing strategies through social media to interest in visiting the Museum Kebangkitan Nasional. So, the results of this study indicate that the implementation of marketing strategies through social media is very good using the dimensions of Online Communities, Interaction, Sharing of Content, Accessibility. Then, interest in visiting is very high at the National Awakening Museum, and there is a significant influence of marketing strategy through social media (X) on interest in visiting (Y). Suggestions that can be given by researchers include the admin of the National Awakening Museum telling step by step to do virtual tours on social media accounts and the museum to continue to do promotions to attract visitors to come or do virtual tours using the internet / social media and is also expected to be able to remain consistent in carrying out promotional strategies through social media so that it can attract visitors to do historical tours at the Museum Kebangkitan Nasional. Keywords: Social Media Marketing, Museum, Tourism, Marketing Strategy, Visiting Interest.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakulltas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:29
Last Modified: 08 Jun 2022 07:29
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item