ANALISA PANDANGAN KONSUMEN TERHADAP KEBIJAKAN BARU DALAM LAYANAN INDUSTRI JASA PENDIDIKAN TINGGI

Ribut Ichtiar Saputra, Ribut (2022) ANALISA PANDANGAN KONSUMEN TERHADAP KEBIJAKAN BARU DALAM LAYANAN INDUSTRI JASA PENDIDIKAN TINGGI. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Ribut.pdf

Download (131kB)

Abstract

ANALISA PANDANGAN KONSUMEN TERHADAP KEBIJAKAN BARU DALAM LAYANAN INDUSTRI JASA PENDIDIKAN TINGGI Ribut Ichtiar Saputra 1, Bernard Hasibuan 2, Lisa Ratnasari 3 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sahid Jakarta Email: 1satriosono@gmail.com, 2bernard_hasibuan@usahid.ac.id, 3lisa_ratnasari@usahid.ac.id Abstrak Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB-KM) yang diluncurkan pada tahun 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi pembelajar sejati yang terampil, lentur dan ulet (agile learner). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) adalah program pembelajaran pendidikan tinggi yang mandiri dan serbaguna yang dirancang untuk menciptakan komunitas pembelajaran kreatif yang tidak membatasi kebutuhan mahasiswa. Pada tahun ajaran 2021, program studi Teknik industri sudah melaksanakan program MB-KM. Untuk mengetahui pandangan mahasiswa terhadap kegiatan MB-KM, perlu dilakukan suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pandangan mahasiswa terhadap kebijakan MB-KM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dari responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Sahid Jakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian survei ini menunjukan bahwa 88,9% mahasiswa pada program studi Teknik Industri, Fakultas Teknik (FT) Universitas Sahid Jakarta berminat mengikuti kegiatan MB-KM dan memberikan respon yang positif terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM). Kata Kunci: kebijakan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), perguruan tinggi swasta. Abstract The Independent Learning Policy – Independent Campus (MB-KM) which was launched in 2020 by the Minister of Education and Culture is a framework to prepare students to become real learners who are skilled, flexible and tenacious (agile learners). Merdeka Learning Campus Merdeka (MB-KM) is an independent and versatile higher education learning program designed to create a creative learning community that does not limit the needs of students. In the 2021 academic year, the Industrial Engineering study program has implemented the MB-KM program. To find out students' views on MB-KM activities, it is necessary to conduct a study. This study aims to examine how students view the MB-KM policy. This research is a descriptive research with a quantitative approach with a survey method. Data were obtained from respondents who are students of the Industrial Engineering Study Program, Sahid University, Jakarta. Data were collected through a questionnaire. The data analysis technique started from data collection and then analyzed using descriptive analysis. The results of this survey research show that 88.9% of students in the Industrial Engineering study program, Faculty of Engineering (FT) Sahid University, Jakarta, are interested in participating in MB-KM activities and give a positive response to the Merdeka Learn Campus Merdeka (MB-KM) program. Keywords: policy, Merdeka Learning Merdeka Campus (MBKM), private universities.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:05
Last Modified: 01 Jul 2022 07:05
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item