PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TEPUNG TERIGU BOGASARI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM PANGAN DI WILAYAH KOTA BEKASI

MUHAMMAD FAIZAL AKBAR, FAIZAL (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TEPUNG TERIGU BOGASARI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM PANGAN DI WILAYAH KOTA BEKASI. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Faizal.pdf

Download (402kB)

Abstract

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TEPUNG TERIGU BOGASARI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM PANGAN DI WILAYAH KOTA BEKASI MUHAMMAD FAIZAL AKBAR (2017176014) m.faizal.akbar95@gmail.com Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sahid Jakarta ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehadiran tepung terigu yang menjadi pengganti alternatif beras sebagai kebutuhan pokok makanan. Karena sifatnya sebagai pengganti beras maka tepung terigu menjadi suatu bahan makanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Bogasari sebagai produsen tepung terigu pertama di Indonesia dan juga menjadi perusahaan tepung terigu terbesar di dunia menjadikan Bogasari digemari oleh masyarakat Indonesia, hal itu terbukti berdasarkan top brand index yang dalam tahun ke tahun selalu memimpin dengan persentase yang tinggi. Kemudian permasalahan pada UMKM seperti ketidakpastian harga yang terkadang naik, ketahanan produk, ketidaksesuaian jenis tepung terigu dengan produk yang akan dijual yang akhirnya membuat produk menjadi gagal atau tidak sesuai dengan keinginan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif. Kemudian populasi pada penelitian ini adalah semua pelaku UMKM yang tersebar di 12 Kecamatan di Kota Bekasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden dengan tingkat signifikansi sebesar 5% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Hasil dari penelitian ini bahwa variabel Kualitas Produk dan variabel Harga secara simultan berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian, hal ini dapat dilihat dari Uji F dengan nilai Fhitung (99,664) > Ftabel (3,08). Kemudian hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y), hal ini dapat dilihat dari hasil Uji t dengan nilai thitung (5,370) > ttabel (1,98238) begitu juga dengan variabel Harga (X2) thitung (4,937) > ttabel (1,98238) yang artinya kedua varibel tersebut secara parsial berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Kemudian variabel bebas yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel terikat adalah variabel Kualitas Produk (X1) dapat dilihat dari beta () tertinggi sebesar 0,451. Saran dari penelitian ini agar Bogasari lebih memperhatikan lagi permasalahan pada Kualitas Produknya agar memiliki ketahanan yang bagus, serta senantiasa mengadakan potongan harga terhadap produk tepung terigu kemasan 1kg. Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, top brand index, UMKM, tepung terigu, Bogasari.   PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TEPUNG TERIGU BOGASARI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM PANGAN DI WILAYAH KOTA BEKASI MUHAMMAD FAIZAL AKBAR (2017176014) m.faizal.akbar95@gmail.com Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sahid Jakarta ABSTRACT This research is motivated by the presence of wheat flour as an alternative to rice as a staple food. Because of its nature as a substitute for rice, wheat flour becomes a food ingredient that is needed by the people of Indonesia. Bogasari as the first wheat flour producer in Indonesia and also the largest wheat flour company in the world makes Bogasari popular with the Indonesian people, this is proven based on the top brand index which always leads with a high percentage from year to year. Then the problems in UMKM such as price uncertainty that sometimes rises, product resistance that is easy to frustrate, mismatch of the type of wheat flour with the product to be sold which ultimately makes the product fail or not as desired. The analytical method used in this study is a quantitative research method. Then the population in this study were all UMKM actors spread across 12 sub-districts in Bekasi City. The sample in this study were 110 respondents with a significance level of 5% and a confidence level of 95%. The result of this research is that the Product Quality variable and the Price variable simultaneously have a positive effect on the Purchasing Decision variable, this can be seen from the F test with a value of Fcount (99,664) > Ftabel (3.08). Then the results of the t test show that the Product Quality variable (X1) has an effect on the Purchase Decision variable (Y), this can be seen from the results of the t test with a value of tcount (5,370) > ttabel (1.98238) as well as the Price variable (X2 ) tcount (4,937) > ttabel (1.98238) which means that the two variables partially affect the Purchasing Decision variable (Y). Then the independent variable that has the most dominant effect on the dependent variable is the Product Quality variable (X1), which can be seen from the highest beta () of 0,451. Suggestions from this research are for Bogasari to pay more attention to problems in product quality so that it is not easily cursed, and always hold price discounts for 1kg packaged wheat flour products. Keywords : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, top brand index, UMKM, tepung terigu, Bogasari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakulltas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:10
Last Modified: 01 Aug 2022 03:10
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item