Analisis Produk, Promosi, dan Bukti Fisik Terhadap Keputusan Berkunjung ke Museum Wayang.

Dwi Setiyanto, Setiyanto (2023) Analisis Produk, Promosi, dan Bukti Fisik Terhadap Keputusan Berkunjung ke Museum Wayang. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Setiyanto.pdf

Download (585kB)

Abstract

Marketing Mix (Bauran Pemasaran) adalah sebuah setrategi pemasaran dengan menggabungkan beberapa elemen secara terpadu untuk mencapai tujuan pasar yang telah ditargetkan. Tradisional marketing mix lebih dikenal dengan 4P (product, price, place, promotion) kemudian untuk bauran pemasaran jasa diperluas dengan menambahkan 3P (people, process, dan physical evidence). Setiap variabel saling berhubungan sehingga pemasaran menjadi lebih optimal. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2015 Pasal 1 Ayat 1 menjelaskan tentang pengertian Museum. Museum adalah Lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi dan mengomunikasikannya kepada masyarakat. International Council of Museum (ICOM) mengemukakan bahwa museum adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, dengan sifat terbuka dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengonversi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan. Museum Wayang adalah sebuah Museum yang teletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Museum Wayang difungsikan untuk menyimpan, memamerkan, dan merawat beragam koleksi wayang, baik wayang dalam negeri maupun luar negeri. Wayang dari luar negeri yang terdapat pada museum ini antara lain dari negara Suriname, China, dan juga Thailand. Koleksi wayang pada museum ini berjumlah 6.000 koleksi. Koleksi wayang intan yang dibuat oleh Ki Guna Kerti Wanda pada tahun 1870 juga terdapat di museum ini (Indonesiakaya.com diakses pada tanggal 5 November 2022). Pengertian wisatawan menurut UU No. 10 Tahun 2009 tentang Pariwisata menjelaskan bahwa wisatawan adalah orang yang melakukan wisata. Wisatawan 2 terbagi menjadi dua yaitu wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Data kunjungan Museum Wayang dapat dilihat pada tabel 1.1 berikut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakulltas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:40
Last Modified: 16 Mar 2023 04:40
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item View Item