PENINGKATAN KUALITAS PRODUK CHANNEL C DI PT. SINARINDO MEGAH PERKASA DENGAN METODE SIX SIGMA

Hashemi Berthshanda Herman, Hashemi (2023) PENINGKATAN KUALITAS PRODUK CHANNEL C DI PT. SINARINDO MEGAH PERKASA DENGAN METODE SIX SIGMA. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
JURNAL FINISH HASHEMI.pdf

Download (963kB)

Abstract

ABSTRACT In the current era of global competition, many companies were looking for alternative solutions to compete with other companies in order to survive in competition, one of which is by improving product quality. Product quality can be seen from the number of defective products produced by the product. This study aimed to analyze Channel C defective products at PT. Sinarindo Megah Perkasa in order to improve its quality. The data used is Channel C production from 2015-2022 with a total production of 3,860 products with 73 defective products. The results showed that the causes of defective products in Channel C came from several factors which were analyzed using a fishbone diagram including machine, human, environmental, method, and material factors. The DPMO value obtained was 56,735.75 with a sigma level of 3.0828. The recommended improvements were to carry out regular maintenance on the machine, make notes on the size of the machine roll, add people for Quality Control , make Standard Operating Procedures (SOP), and provide detailed training to operators after the SOP is implemented. Keywords: Channel C, Product Quality, Six Sigma ABSTRAK Di era persaingan global saat ini, banyak perusahaan yang mencari solusi alternatif untuk bersaing dengan perusahaan lain agar dapat bertahan dalam persaingan, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kualitas produk. Kualitas produk dapat dilihat dari jumlah produk cacat yang dihasilkan oleh produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produk cacat Channel C di PT. Sinarindo Megah Perkasa agar dapat meningkatkan kualitasnya. Data yang digunakan yaitu produksi Channel C dari tahun 2015-2022 dengan jumlah produksi sebesar 3.860 produk dengan produk cacat sebesar 73 produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab produk cacat Channel C berasal dari beberapa faktor yang dianalisis melalui diagram fishbone diantaranya dari faktor mesin, manusia, lingkungan, metode, serta material. Nilai DPMO yang didapatkan sebesar 56.735,75 dengan level sigma sebesar 3,0828. Usulan perbaikan yang direkomendasikan yaitu dengan melakukan maintenance secara berkala terhadap mesin, membuat catatan ukuran pada roll mesin, penambahan orang untuk Quality Control, membuat Standar Operasional Prosedur (SOP), serta memberikan pelatihan secara mendetail kepada operator setelah SOP diterapkan. Kata Kunci: Channel C, Kualitas Produk, Six Sigma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:43
Last Modified: 15 Jun 2023 03:43
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item