PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUMDA AIR MINUM JAYA DI WILAYAH JAKARTA BARAT SLIPI PALMERAH

ASEP SODIK, ASEP (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUMDA AIR MINUM JAYA DI WILAYAH JAKARTA BARAT SLIPI PALMERAH. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
ASEP SODIK .pdf

Download (238kB)

Abstract

Suatu keluhan dan pengaduan dari pelanggan tidak heran kualitas pelayanan sering menjadi perhatian masyarakat. Adanya Keluhan dan Pengaduan Pelanggan Kepada PERUMDA Air Minum Jaya Seperti Keluhan Pelanggan Atas Ketidaklancaran Air Mengalir, kepelanggan terutama pada musim kemarau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PERUMDA Air Minum Jaya Di Wilayah Jakarta Barat Slipi Palmerah. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan meliputi bukti fisik, daya tanggap, jaminan, kehandalan dan empati. Penelitian ini akan melihat pengaruh kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan. Jemis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Metode analisis data semua data diuji kualitas data menggunakan uji analisis regresi linear sederhana dan diuji hipotesis menggunakan uji statistik. variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan diketahui bahwa skor rerata dengan predikat, “Cukup Baik”. Pada persamaan regresi sederhana dapat dijelaskan bahwa nilai koefisien regresi variabel kualitas pelayanan menyatakan bahwa nilai kepuasan pelanggan bertambah besar sehingga terdapat pengaruh yang positif. Dari pengujian hipotesis dengan uji diperoleh adanya pengaruh X terhadap Y, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh X terhadap Y. Dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PERUMDA Air Minum Jaya di Wilayah Jakarta Barat Slipi Palmerah. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Slipi Palmerah With complaints and complaints from customers, it is not surprising that service guality is often a concern of the public. Customer Complaints and Complaints to PERUMDA Water Drinking Jaya, such as customer complaints about non-flowing water, especially during the dry season. This study aims to determine whether or not there is an influence of service guality on customer satisfaction of PERUMDA Water Drinking Jaya in the West Jakarta Region, Slipi Palmerah. In this research, service guality includes physical evidence, responsiveness, assur-ance, reliability and empathy. This research will look at the simultaneous and par-tial influence of service guality on customer satisfaction. Jemis this study used a descriptive guantitative approach. Data collection technigues used were guestion-naires, interviews, and observation. Methods of data analysis all data were tested for data guality using a simple linear regression analysis test and tested the hy-pothesis using the t statistical test. The answers to the variables of service guality and customer satisfaction, it is known that the average score is, "Good enough". In the simple regression eguation it can be explained that the regression coefficient value of the service guality variable states that the value of customer satisfaction increases so that there is a positive influence. From testing the hypothesis with the ttest, itis obtained that there is an effectof X on Y, so it can be concluded that Ha is accepted, which means there is an effect of X on Y. It can be stated that there is an effect of service guality on customer satisfaction of PERUMDA Water Drink-ing Jaya in the West Jakarta Region, Slipi Palmerah. Keyword: Ouality Service, customer satisfaction, Slipi Palmera

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakulltas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:43
Last Modified: 09 Oct 2023 09:43
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item