Persepsi Pembaca Milenial Tentang Media Online Minews

Achmad Rosyad, Achmad (2021) Persepsi Pembaca Milenial Tentang Media Online Minews. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Achmad.pdf

Download (351kB)

Abstract

ABSTRAK Persepsi Pembaca Milenial Tentang Media Online Minews Achmad Rosyad 2016240001 (rosyadachmad4@gmail.com) (xiii + 5 bab + hal + 7 lampiran + 31 pustaka 2011-2019) Media online juga berarti media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet. Media online adalah media massa “generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) seperti koran, tabloid, majalah, dan buku, serta media elektronik (electronic media) seperti radio, televisi, dan film/video. Media Online merupakan produk jurnalistik online disebut juga cyber journalisme yang didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet. Secara teknis atau “fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di zaman generasi milenial ini adalah dengan adanya telepon genggam atau telepon seluler (ponsel) yang di sebut dengan gadget. Gadget merupakan alat komunikasi yang sangat penting, karena mudah digunakan dan dapat dibawa kemana-mana. Fungsi dari gadget semakin terasa jika disediakan dengan layanan internet, karena dapat memudahkan manusia untuk mengakses segala sesuatu yang di inginkan. Dalam penelitian ini peneliti mencoba melihat bagaimana persepsi milenial terhadap media online Minews. Adanya kanal – kanal yang sudah disebutkan diatas, akan memberikan sebuah persepsi minat baca kepada semua kalangan termasuk generasi milenial. Kendati ingin mengincar generasi milenial sebagai segmentasinya sebagai bentuk pencarian berita secara instan. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembaca milenial yang membaca MiNews dari Maret - Oktober 2021 sebesar 5746 pembaca, namun peneliti mengerucutkan lagi menjadi 1763 pembaca milenial yaitu yang berusia dibawah 35 tahun., dengan sampel populasinya sebanyak 95 orang yang merupakan pembaca milenial portal berita Minews per Maret - Juli 2021. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling accidental atau sampling aksidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu sesuai sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukan menunjukan sebagian besar 41 (43%) responden menjawab dan memberikan penilaian bahwa Persepsi Pembaca Milenial Tentang Media Online Minews menurut mereka netral. Persepsi tersebut Netral karena pemberitaan yang disampaikan oleh MINews digunakan juga oleh media online lainnya, hanya saja MINews yang merupakan media online yang termasuk baru mampu menarik pembaca dengan penggunaan bahasa berita yang mudah dipahami, dokumentasi berita yang mendukung, gaya penulisan yang disesuaikan dengan kalangan milenial, dan isi dari berita yang mudah dipahami oleh generasi milenial. Kata kunci :persepsi, media online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:36
Last Modified: 27 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item