STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH NON FORMAL RUMAH LANGIT

Tanaya Salsabillah Komara, Tanaya (2021) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH NON FORMAL RUMAH LANGIT. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Komara.pdf

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH NON FORMAL RUMAH LANGIT Tanaya Salsabillah Komara 2017210039 (5 Bab + 62 Halaman+4 Gambar+5 Lampiran +1 Tabel +30Bibl (2009-2015)) Siswa di sekolah Non Formal adalah mereka yang bekerja membantu orangtua dan sudah lama tidak menempuh pendidikan formal, juga faktor lingkungan yang mempengaruhinya, permasalahan komunikasi interpersonal guru kepada siswa yaitu, guru harus membangun kedekatan dengan sisiwqa yang tidak memiliki waktu banyak untuk belajar, dimana mempengaruhi motivasi belajar belajar siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Non Formal Rumah Langit”. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal Joseph Devito yaitu 5 sikap positif yang pada intinya adalah untuk melakukan pendekatan dengan siswa guru harus memiliki sikap positif yang dimana para siswa juga akan terbuka dan menjadi lebih dekat dengan guru. Metode yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Non Formal Rumah Langit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi atau pengamatan setelah itu wawancara mendalam dan melakukan dokumentasi untuk pembuktian yang sah. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan guru dengan cara pendekatan secara kekeluargaan dengan siswa. Pendidik bersikap seperti kakak daripada adik mereka dan menjadikan Rumah Langit sebagai Rumah tinggal mereka sendiri. Strategi komunikasi interpersonal sangat penting digunakan guru dalam merubah pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa untuk memiliki motivasi belajar. Bukan hanya siswa yang duduk dibangku sekolah formal tetapi siswa yang belajar di sekolah non formal dan dari keluarga yang memiliki ekonomi rendah juga berhak mendapatkan pembelajaran yang sama dan dapat mewujudkan cita-cita. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 01 Nov 2021 07:35
Last Modified: 01 Nov 2021 07:35
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item