EFEKTIFITAS INSTAGRAM @BNN_CEGAHNARKOBA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENCEGAHAN NARKOBA

Dwi Damayanti, Damayanti (2021) EFEKTIFITAS INSTAGRAM @BNN_CEGAHNARKOBA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENCEGAHAN NARKOBA. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Dwi Damayanti.pdf

Download (9kB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIFITAS INSTAGRAM @BNN_CEGAHNARKOBA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENCEGAHAN NARKOBA Oleh: Dwi Damayanti 2016210005 (xv + 5 bab + 80 hal + 6 lampiran + 2 gbr + 40 tabel + 32 bibl) Pencegahan narkoba agar efektif menggunakan berbagai media antara lain instagram, karena instagram saat ini sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan. BNN yang merupakan badan yang berkewajiban melakukan pencegahan narkoba menggunakan instagram dengan nama @bnn_cegahnarkoba. Yang menjadi permasalahan bagaimana efektifitas sebagai media kampanye. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat followers terhadap isi pesan instagram @bnn_cegahnarkoba serta mengetahui efektifitas instagram @bnn_cegahnarkoba sebagai media kampanye pencegahan narkoba. Teori yang digunakan adalah teori tentang efektifitas dan teori AIDA yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller, dimana pada intinya teori ini mengemukakan bahwa suatu informasi ataupun pesan-pesan yang harus mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, menjadi minat hingga seseorang dapat mengambil tindakan, dalam teori ini juga menyampaikan akan kualitas dari pesan yang baik dari mendapat perhatian hingga tahap adanya tindakan dari seseorang setelah pesan itu disampaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dekstriptif dengan pendeketan kuantitif. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah followers instagram @bnn_cegahnarkoba sebanyak 11.500 orang, dengan penarikan sampel sebanyak 100 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan studi pustaka. Tehnik analisis data dilakukan melalui tahap pengolahan data yaitu data yang diperoleh dilapangan dimasukkan kedalam coding book, kemudian diberi nilai dan dimasukkan kedalam coding sheet, selanjutnya didistribusikan dalam bentuk tabel tunggal kemudian dianalisis dan selanjutnya ditarik kesimpulan secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88% followers mengatakan bahwa instagram efektif (45%) + sangat efektif (43%) sebagai media kampanye. Saran peneliti perlu mempertahankan dan meningkatkan media instagram sebagai media kampanye dengan lebih memperhatikan bahasa yang lebih milenial sesuai dengan sasaran kampanye, dimana kalangan instagram saat ini banyak diminati oleh pelajar dan mahasiswa. Kata Kunci: Efektifitas Instagram, Media Kampanye, Pencegahan Narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:09
Last Modified: 01 Feb 2021 05:09
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item