STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PSI DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM AKSI (STUDI KASUS PENARIKAN PEMUDA UNTUK MENJADI ANGGOTA PSI)

Hendry Hartanto, Hendry (2022) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PSI DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM AKSI (STUDI KASUS PENARIKAN PEMUDA UNTUK MENJADI ANGGOTA PSI). Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Hendry.pdf

Download (184kB)

Abstract

Abstrak Hendry Hartanto. 2017240023 STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PSI DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM AKSI (STUDI KASUS PENARIKAN PEMUDA UNTUK MENJADI ANGGOTA PSI) Kata Kunci: Strategi Komunikasi politik, pesan, komunikan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi politik psi dalam mensosialiasikan program aksi. Strategi komunikasi poltik yang dilakukan partai solidaritas Indonesia dalam mensosialisasikan program aksi salah satunya menarik pemuda untuk bergabung dengan psi. Strategi komunikasi politik merupakan hal terpenting bagi partai politik guna menentukan strateginya dalam memenangkan partai politik di sebuah pertarungan partai politik. Tujuan peenlitian ini untuk menganalisis strategi komunikasi politik partai solidaritas Indonesia dalam mensosialisasikan program aksi untuk mengungkapkan dan menganalisis faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung strategi komunikasi politik yang digunakan partai tersebut. Penelitian ini menggunakan meotde penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data secara observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi politik partai solidaritas Indonesia menetapkan komponen komunikasi berdasarkan teori Harold D. Lasswell yaitu, komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Dalam penerapan starategi tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktornya pendukungnya masyarakat memandang psi sebagai partai icon untuk pemuda karena berani menyuarakan hak-hak rakyat sedangkan faktor penghambatnya masih ada lumbung pendukung partai lain yang menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyrakat. Abstract Hendry Hartanto. 2017240023 PSI POLITICAL COMMUNICATION STRATEGY IN SOCIALIZING THE ACTION PROGRAM (CASE STUDY OF ATTRACTING YOUTH TO BECOME A PSI MEMBER) Keywords: political communication strategy, messege, communicant This research was conducted to determine the political communication strategy of PSI in disseminating the action program. One of the political communication strategies carried out by the Indonesian Solidarity Party in disseminating the action program is to attract youth to join PSI. Political communication strategy is the most important thing for political parties to determine their strategy in winning political parties in a political party battle. The purpose of this research is to analyze the political communication strategy of the Indonesian solidarity party in disseminating the action program to reveal and analyze the factors that hinder and support the political communication strategy used by the party. This study uses a descriptive qualitative research method with data collection techniques by observation, interviews and documentation. The results showed that the political communication strategy of the Indonesian solidarity party determined the communication components based on Harold D. Lasswell's theory, namely, communicators, messages, media, communicants, and effects. In the implementation of this strategy, there are supporting and inhibiting factors. The supporting factor is that the community views psi as an icon party for youth because it dares to voice the rights of the people, while the inhibiting factor is that there are still barns of supporters of other parties that raise pros and cons among the community.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 19 May 2022 04:21
Last Modified: 19 May 2022 04:21
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item