Hani Safarina Haza, Hani (2022) KOMUNIKASI INTERNAL HUMAS DALAM PENYELENGGARAAN PELATIHAN KARYAWAN DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.
Text
Hani.pdf Download (471kB) |
Abstract
ABSTRAK KOMUNIKASI INTERNAL HUMAS DALAM PENYELENGGARAAN PELATIHAN KARYAWAN DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA DI MASA PANDEMI COVID-19 Hani Safarina Haza NPM: 2018210049 ( 5 Bab + 81 Hal + 5 Gambar + 7 Lampiran + 25 Bibl( 2008-2020 ) Pelaksanakan komunikasi internal humas pada pelatihan karyawan yaitu dengan komunikasi serta tukar pikiran dalam metode pemaparan dari narasubumber professional dan memberikan bimbingan teknis kepada seluruh pengelola kehumasan di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan udara terkait mekanisme penulisan siaran pers yang benar. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui komunikasi internal humas dalam penyelenggaraan pelatihan karyawan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Di Masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan penelitian desktiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antara pimpinan dan bawahan atau sesama karyawan serta arahan dari pimpinan tentang mekanisme penyelenggaraan pelatihan tetap berjalan dengan baik dengan begitu komunikasi internal humas dalam penyelenggaraan pelatihan karyawan di masa pandemi covid-19 tetap berjalan dengan optimal,proses penyampaian komunikasi internal humas dalam pelaksanaan pelatihan karyawan, dilakukan secara daring menggunakan media jejaring seperti Whatsapp dan E-Mail, dengan produk surat yang bertanda tangan elektronik dari pimpinan yang di scan terlebih dahulu ke dalam bentuk PDF, media yang digunakan dalam komunikasi internal Humas Ditjen Perhubungan Udara, pada masa pandemi Covid-19 maupun dalam kondisi normal menggunakan media aplikatif, yaitu Whats App, E-mail dan ditambah lagi aplikasi terbaru yaitu virtual zoom meeting agar memudahkan komunikasi internal humas dalam penyelenggaraan pelatihan karyawan. Dengan kesimpulan bahwa komunikasi intermal Humas dalam penyelenggaraan pelatihan karyawan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Di masa Pandemi Covid-19 adalah berjalan dengan baik dan optimal. Kata Kunci: Komunikasi Internal, Humas, Penyelenggaraan Pelatihan, DJP ABSTRAK KOMUNIKASI INTERNAL HUMAS DALAM PENYELENGGARAAN PELATIHAN KARYAWAN DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA DI MASA PANDEMI COVID-19 Hani Safarina Haza NPM: 2018210049 ( 5 Bab + 81 Hal + 5 Gambar + 7 Lampiran + ( 2008-2020 ) Implementing internal public relations communication on employee training, namely by communicating and exchanging ideas in the method of exposure from professional interviewees and providing technical guidance to all public relations managers within the Directorate General of Civil Aviation regarding the correct mechanism for writing press releases. The purpose of this research is to determine the internal communication of public relations in organizing employee training of the Directorate General of Civil Aviation during the Covid-19 Pandemic. The method used is descriptive qualitative research. Data collection techniques were carried out by interview, observation and documentation. The results of this study indicate that communication between leaders and subordinates or fellow employees as well as directions from the leadership regarding the mechanism for organizing training continues to run well so that internal public relations communication in organizing employee training during the covid-19 pandemic continues to run optimally, the process of delivering internal public relations communication in the implementation of employee training, it is carried out online using network media such as Whatsapp and E-Mail, with an electronically signed letter product from the leadership which is scanned first into PDF form, the media used in internal communications of the Directorate General of Civil Aviation, at that time the Covid-19 pandemic or under normal conditions using applicative media, namely Whats App, E-mail and added the latest application, namely virtual zoom meeting to facilitate internal public relations communication in organizing employee training. With the conclusion that the internal communication of Public Relations in organizing employee training of the Directorate General of Civil Aviation during the Covid-19 Pandemic is running well and optimally.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | sis gunawan usahid |
Date Deposited: | 19 May 2022 06:31 |
Last Modified: | 19 May 2022 06:31 |
URI: | http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1693 |
Actions (login required)
View Item |