Pengaruh Content Creator Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Berbelanja Online (Studi korelasi Pengaruh Content Creator Tik tok @carlendoraa Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online)

Marcellio Mulawarman Warih Kusumaningrat, Warih (2022) Pengaruh Content Creator Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Berbelanja Online (Studi korelasi Pengaruh Content Creator Tik tok @carlendoraa Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online). Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Warih.pdf

Download (362kB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Content Creator Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Berbelanja Online (Studi korelasi Pengaruh Content Creator Tik tok @carlendoraa Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online) Marcellio mulawarman Warih Kusumaningrat 2021001916 Media baru saat ini telah memberikan pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya informasi apapun dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat yaitu dengan menggunakan internet. Media baru yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat antara lain facebook, twitter, instagram, dan tiktok. Dalam hal ini peneliti tertarik menelaah lebih lanjut bagaimana pengaruh media sosial dalam memasarkan produk terhadap target pasar melalui platform tiktok. Objek penelitian yaitu akun tiktok @carlendoraa dan followers dari akun tersebut sebagai populasi penelitian Teori penelitian menggunakan teori jarum hipodermik. Teori Jarum Hipodermik pertama kali ditemukan oleh Harold Laswell bertujuan untuk memprediksi efek komunikasi massa yang kuat dan kurang lebih menyeluruh pada semua masyarakat. Teori ini berasumsi bahwa yang pertama sangat cepat dalam mempengaruhi massa secara langsung dan cepat. Kedua media massa lebih cemerlang, dan lebih segalanya dari orang banyak. Asumsi ketiga, khalayak dianggap sebagai individu yang homogen dan pasif. Metode penelitian menggunakan korelasional, yaitu variable bebas (X) Content Creator @carlendoraa, dan variabel terikat (Y) followers dari akun @carlendoraa yaitu prilaku konsumtif dalam berbelanja online. Populasi dari penelitian ini ialah remaja dan orang dewasa yang mengikuti akun tiktok @carlendoraa berjumlah 374.000. Penentuan sample yang peneliti gunakan ialah rumus slovin, dengan pengambilan sample 100 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dimana dalam pengambilan sample populasi memiliki peluang yang sama rata untuk dijadikan sample penelitian. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation. Pada perhitungan korelasi dengan menggunakan Pearson Correlation didapat hasil .237 yang dapat diartikan dengan 0,237 dimana menurut skala Guilford di atas di temukan hasil antara 0,21 - 0,40 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat yang lemah namun cukup berarti antara content creator Tikok @carlendoraa dengan perilaku konsumtif remaja dalam berbelanja online. Kata Kunci : Content Creator Tiktok, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 23 May 2022 04:15
Last Modified: 23 May 2022 04:15
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item