PENGARUH PEMBERITAAN TENTANG FORMULA E DI LIPUTAN6.COM TERHADAP KREDIBILITAS PEMPROV DKI JAKARTA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SAHID JAKARTA

Muhammad Arif Hananto, Hananto (2022) PENGARUH PEMBERITAAN TENTANG FORMULA E DI LIPUTAN6.COM TERHADAP KREDIBILITAS PEMPROV DKI JAKARTA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SAHID JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Hananto.pdf

Download (459kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBERITAAN TENTANG FORMULA E DI LIPUTAN6.COM TERHADAP KREDIBILITAS PEMPROV DKI JAKARTA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SAHID JAKARTA Muhammad Arif Hananto 2019217016 (xiii + 5 bab + 77 hal + 5 lampiran + 20 pustaka 2003-2013) Pemberitaan yang disajikan oleh Liputan6.com mengenai keterkaitan Pemberitaan tersebut menimbulkan pertanyaan tentang apa yang terjadi dengan Formula E dan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemprov DKI sebagai penyelenggara Formula E di Jakarta. Kepercayaan memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Tanpa kepercayaan kita akan sulit memasuki lingkungan baru atau membentuk relasi dengan orang lain. Kepercayaan merupakan dasar dalam membangun suatu hubungan antar individu, kelompok, atau institusi. Dalam kontek kehidupan berdemokrasi, kepercayaan masyarakat terhadap institusi publik menjadi sangat penting dan vital. Institusi yang mendapatkan kepercayaan masyarakat akan memiliki legitumasi dan kewibawaan untuk menjalankan tugas-tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh pemberitaan tentang Formula E terhadap kredibilitas Pemprov DKI Jakarta di Liputan6.com di kalangan mahasiswa fakultas ilmu komunikasi Universitas Sahid Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta Angkatan 2018-2021 yang tercatat aktif secara akademik. Maka populasi dari penelitian ini berjumlah 442 mahasiswa, dengan sampel populasinya sebanyak 82 responden. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, atau penentuan sampel menggunakan tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa 83% kredibilitas Pemprov DKI Jakarta di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta dipengaruhi oleh pemberitaan tentang Formula E di Liputan6.com berpengaruh dengan sangat kuat. Sedangkan sisanya yaitu 17% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk kedalam penelitian ini. Sedangkan menurut hasil analisis rumus Korelasi Product Moment pemberitaan tentang Formula E di Liputan6.com mempunyai pengaruh terhadap kredibilitas Pemprov DKI Jakarta di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,91. Kata kunci:Pemberitaan, Kredibilitas   ABSTRACT THE EFFECT OF PREACHING ON FORMULA E ON LIPUTAN6.COM ON THE CREDIBILITY OF THE PROVINCE OF DKI JAKARTA IN THE STUDENTS OF THE FACULTY OF COMMUNICATIONS UNIVERSITY OF SAHID JAKARTA Muhammad Arif Hananto 2019217016 (xiii + 5 chapters + 81 pages + 5 appendix + 20 library 2003-2013) The news presented by Liputan6.com regarding the relevance of the news raises questions about what happened to Formula E and lowers public confidence in the DKI Provincial Government as the organizer of Formula E in Jakarta. Trust has an important role in social life. Without trust we will find it difficult to enter new environments or form relationships with other people. Trust is the basis in building a relationship between individuals, groups, or institutions. In the context of democratic life, public trust in public institutions is very important and vital. Institutions that gain public trust will have the legitimacy and authority to carry out their duties. This study aims to determine the effect of reporting on Formula E on the credibility of the DKI Jakarta Provincial Government on Liputan6.com among students of the Faculty of Communication Sciences, Sahid University, Jakarta. The research method used is quantitative. The population in this study were students of the Faculty of Communication Sciences, University of Sahid Jakarta, Class of 2018-2021 who were listed as active academically. So the population of this study amounted to 442 students, with a sample population of 82 respondents. The sampling technique used is purposive sampling, which is a technique for determining the sample with certain considerations, or determining the sample using a specific purpose. The results showed that 83% of the credibility of the DKI Jakarta Provincial Government among students of the Faculty of Communication Sciences, Sahid Jakarta University was influenced by the news about Formula E on Liputan6.com which had a very strong influence. While the remaining 17% is influenced by other factors that are not included in this study. Meanwhile, according to the results of the analysis of the Product Moment Correlation formula, the news about Formula E on Liputan6.com has an influence on the credibility of the DKI Jakarta Provincial Government among students of the Faculty of Communication Sciences, Sahid University, Jakarta, with a correlation coefficient of 0.91. Keywords: News, Credibility

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 23 May 2022 04:22
Last Modified: 23 May 2022 04:22
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item