Reygita Laura, Laura (2022) Pengaruh Konten Instagram @In.Myjourney Terhadap Minat Travelling Di Kalangan Followers. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.
Text
Laura.pdf Download (367kB) |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Konten Instagram @In.Myjourney Terhadap Minat Travelling Di Kalangan Followers Reygita Laura 2017240020 (xiii + 5 bab + 77 hal + 5 lampiran + 20 pustaka 2003-2013) Banyaknya minat masyarakat untuk mencari dan mendapatkan informasi melalui Instagram, menjadikan semakin tingginya keinginan masyarakat untuk mengunggah dan membagikan video melalui konten Instagram. Tipe konten Instagram yang saat ini banyak dikunjungi adalah konten musik, konten memasak konten kecantikan, dan salah satunya konten traveling. Konten travelling adalah sebuah konten Instagram yang memuat konten video mengenai kegiatan pariwisata yang dilakukan di sebuah tempat atau daerah baik di dalam negeri maupun luar negeri. Beriwisata adalah kegiatan bepergian kesuatu tempat untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Efek dari bepergian ke tempat wisata akan membuat tubuh dan pikiran kembali rileks. Kebutuhan akan berwisata tersebut, menjadikan Instagram dengan konten travelling akan dengan mudah diterima dan disukai masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten Instagram @in.myjourney terhadap minat travelling di kalangan followers. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers konten Instagram @In.myjourney yang berjumlah 34.300 per Januari 2021, dengan sampel populasinya sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan Random sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh konten travel vlog terhdap minat travelling menunjukan t hitung 8.355 dan p value (sig) sebesar 0,00 yang dibawah alpha 5% artinya ada pengaruh yang signifikan antara konten Instagram terhadap minat travelling. Hasil penelitian dapat menerima hipotesis yang menyatakan “ ada pengaruh yang positif antara konten Instagram dan minat travelling” nilai beta dalam unstandardized coefficients variabel konten Instagram menunjukan angka sebesar 0,561 yang artinya adalah besaran koefisien konten Instagram terhadap minat traveling adalah 41,6%. Jika dikaitkan dengan penelitian ini, dapat dikatakan bahwa konten Instagram berpengaruh terhadap minat travelling viewers pengaruh tersebut dipengaruhi faktor informasi, arsip, interaksi, analisis teks konten, jumlah posting dari waktu ke waktu, dan jenis posting dari waktu ke waktu. sementara itu minat travelling dipengaruhi oleh faktor dari dalam (rasa ingin tahu), faktor motif sosial, dan faktor emosional. Kata kunci:Konten, Minat Travelling ABSTRACT The Influence of @In.Myjourney Instagram Content on Traveling Interests Among Followers Reygita Laura 2017240020 (xiii + 5 chapters + 81 pages + 5 appendix + 20 library 2003-2013) The large number of people's interest in finding and getting information through Instagram, makes the public's desire to upload and share videos higher through Instagram content. Currently, the most visited types of Instagram content are music content, cooking content, beauty content, and one of them is travel content. Traveling content is Instagram content that contains video content about tourism activities carried out in a place or area both domestically and abroad. Traveling is the activity of traveling to a place to relax the body and mind. The effect of traveling to tourist attractions will make the body and mind relax again. The need for travel makes Instagram with traveling content easily accepted and liked by the public. This study aims to determine the effect of @in.myjourney's Instagram content on the interest of traveling among followers. The research method used is descriptive quantitative. The population in this study are followers of Instagram content @In.myjourney, amounting to 34,300 as of January 2021, with a population sample of 100 respondents. The sampling technique used is random sampling, which is a sampling technique in which all individuals in the population, either individually or together, are given the same opportunity to be selected as sample members. The results showed that the effect of travel vlog content on traveling interest showed t count of 8.355 and p value (sig) of 0.00 which was below alpha 5%, meaning that there was a significant influence between Instagram content on traveling interest. The results of the study can accept the hypothesis which states "there is a positive influence between Instagram content and interest in traveling" the beta value in the unstandardized coefficients of the Instagram content variable shows a number of 0.561, which means that the coefficient of Instagram content on traveling interest is 41.6%. If it is associated with this research, it can be said that Instagram content affects the interest of traveling viewers. The influence is influenced by factors of information, archives, interactions, analysis of content text, number of posts from time to time, and types of posts from time to time. Meanwhile, traveling interest is influenced by internal factors (curiosity), social motive factors, and emotional factors. Keywords: Content, Traveling Interests
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | sis gunawan usahid |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 04:05 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 04:05 |
URI: | http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1785 |
Actions (login required)
View Item |