Pemanfaatan Media Sosial Facebook Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Media Komunikasi Untuk Komunitas Penghobi Ikan Predator Jakarta

Abi Rianggono, Abi (2022) Pemanfaatan Media Sosial Facebook Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Media Komunikasi Untuk Komunitas Penghobi Ikan Predator Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Abi.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan Media Sosial Facebook Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Media Komunikasi Untuk Komunitas Penghobi Ikan Predator Jakarta Abi Rianggono 2017240002 Perkembangan teknologi menjadi suatu kebutuhan penting bagi masyarakat luas untuk menyebarluaskan informasi. Selama mewabahnya pandemi Covid-19 segala kegiatan beralih menggunakan media sosial. Di dalam media sosial ini terdapat berupa Facebook. Muncul nya Facebook membuat masyarakat menggunakan smartphone nya kapan dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan melainkan dapat melakukan kegiatan komunikasi dan dapat memiliki jangkaun yang luas dalam berkomunikasi kepada sesama pengguna. Facebook menjadi salah satu yang masih banyak di minati oleh masyarakat tentunya dalam menyalurkan hobi nya untuk membuat akun komunitas ikan predator. Komunitas ikan predator adalah komunitas yang memiliki kesamaan hobi dalam bermain ikan predator. Di dalam akun komunitas ikan predator ini terdapat suatu keuntungan bagi anggota komunitas ikan predator. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui banyaknya pemanfaatan media sosial Facebook dengan akun komunitas ikan predator. Teori yang digunakan dalam meneliti penelitian ini adalah teori computer mediated communication (CMC). Metode yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan yang peneliti pilih adalah informan yang memiliki hobi dalam bermain ikan predator. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan akun komunitas Facebook sebagai informasi dan komunikasi berupa mengetahui seputar ikan predator, menyalurkan hobie, kegiatan jual beli. Fenomena komunikasi kelompok pada akun komunitas ikan predator terdapat cukup kuat dengan beberapa sejumlah aturan yang ketat dan terkontrol. Perbedaan antara akun komunitas ikan predator dengan akun komunitas sugar glider dan akun komunitas pecinta kucing. Hal yang menjadi unik perbedaan antara akun komunitas ikan predator dengan akun komunitas sugar glider dan pencinta kucing adalah mulai dari akun komunitas ikan predator terdapat unsur jual beli, tetapi untuk akun komunitas sugar glider dan pecinta kucing memiliki kesamaan tidak adanya unsur jual beli, melainkan hanya untuk melakukan edukasi di antara komunitas tersebut. Kata Kunci : Pemanfaatan Media Sosial, Akun Komunitas Facebook, Ikan Predator. ABSTRACT Utilization of Facebook Social Media During the Covid-19 Pandemic As a Communication Media for the Jakarta Predator Fish Hobbyist Community Abi Rianggono 2017240002 The development of technology has become an important need for the wider community to disseminate information. During the Covid-19 pandemic, all activities have shifted to using social media. In this social media there is a form of Facebook. The emergence of Facebook makes people use their smartphones anytime and anywhere according to the desired needs but can carry out communication activities and can have a wide range of communication with fellow users. Facebook is one that is still much in demand by the public, of course, in channeling his hobby to create a predatory fish community account. Predatory fish community is a community that has the same hobby in playing predatory fish. In this predatory fish community account there is an advantage for members of the predatory fish community. The purpose of this study was to determine the number of uses of Facebook social media with predatory fish community accounts. The theory used in researching this research is the theory of computer mediated communication (CMC). The method that the researcher uses is a qualitative descriptive method. The informants that the researchers chose were those who had a hobby of playing predatory fish. The results of this study are the use of Facebook community accounts as information and communication in the form of knowing about predatory fish, channeling hobbies, buying and selling activities. The phenomenon of group communication on predatory fish community accounts is quite strong with several strict and controlled rules. The difference between the predatory fish community account and the sugar glider community account and the cat lover community account. The thing that is unique is the difference between the predatory fish community account and the sugar glider and cat lover community account is that starting from the predatory fish community account there is an element of buying and selling, but for the sugar glider community account and cat lover there is no buying and selling element in common, but only for conduct education among the community. Keywords: Utilization of Social Media, Facebook Community Accounts, Predator Fish.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:20
Last Modified: 30 Nov 2022 03:20
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item