Daya Tarik Berita Online Kumparan.com. di Kalangan Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta

Gilang Marsais, Gilang (2021) Daya Tarik Berita Online Kumparan.com. di Kalangan Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Gilang.pdf

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK Daya Tarik Berita Online Kumparan.com. di Kalangan Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta GEMILANG MARSAIS 2012240067 (viii + v Bab + 115 hal + 31 Tabel + 7 Lampiran + 30 Bibl {2010 – 2014}) Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana daya tarik berita online Kumparan.com. menurut pemirsa di Kalangan Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tarik berita online Kumparan.com. menurut pemirsa di Kalangan Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data kuantitatif dan menggunakan statistik dalam menganalisisnya. Pada teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada mahasiswa jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta sebanyak 86 mahasiswa. Tekknik analisis yang digunakan adalah menggunakan tabel frekuensi, coding book dan coding sheet untuk kemudian didistribusikan ke dalam bentuk tabel tunggal dan dianalisis secara mendalam. Model komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Michael W. Gamble dan Teri Kwal Gamble. Hasil penelitian dari dimensi multimedia menunjukkan daya tarik berita online Kumparan.com memperlihatkan hasil yang menarik, karena Kumparan.com menyajikan teks berita/informasi, foto/ gambar, berita dalam bentuk auido, video dan grafis. Dimensi aktualitas memperlihatkan bahwa daya tarik berita online memuat teks/foto dan memberitakan keadaan/peristiwa yang sebenarnya, berita/informasi tidak direkasaya, faktual bukan opini wartawan, akurat dan cepat dapat diposting, serta aktivitasnya bisa menarik minat masyarakat untuk membaca. Dimensi update menunjukkan bahwa daya tarik berita online memberitakan keadaan yang baru terjadi, orisinil dan bukan mengutip dari media lain, updating bisa dilakukan per detik, menit, bahkan per jamnya, dan beritanya bukan merupakan hasil repro atau mengulang berita-berita yang lama. Indicator fleksibilitas menunjukkan bahwa daya tarik berita online Kumparan.com bisa diakses dimana saja, bisa diakses melalui berbagai perangkat alat komunikasi, beritanya dapat disimpan dan dapat dikirim kepada orang lain yang membutuhkan. Hasil penelitian dari dimensi interaktif menunjukkan daya tarik berita online Kumparan.com menyajikan fasilitas komunikasi dua arah, melibatkan pembaca, menerima kiriman berita dari pembaca, redaksi menjawab opini, dan Kumparan.com dapat menarik masyarakat membaca. Kata kunci : Daya Tarik berita Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:15
Last Modified: 10 Feb 2021 06:15
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item