PENGARUH KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN MAJALAH GONTOR DI MASA PANDEMI COVID-19

TRI HANIRA, HANIRA (2022) PENGARUH KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN MAJALAH GONTOR DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Hanira.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN MAJALAH GONTOR DI MASA PANDEMI COVID-19 TRI HANIRA 2018210014 (xviii + 5 BAB + 144 Halaman + 55Tabel + 1 Gambar + 7 Lampiran + 36 Bibl (2010-2020)) Kepuasan komunikasi organisasi sangat penting diperhatikan karena merupakan persepsi karyawan terhadap komunikasi yang dilakukan organisasi seperti informasi yang dibutuhkan karyawan mengalir secara efektif dan kejelasan informasi yang memudahkan dalam pelaksanaan pekerjaan. Adanya COVID-19 mengakibatkan terbatasnya komunikasi yang dapat dilakukan secara langsung, karena komunikasi menggunakan media memungkinkan terjadinya hambatan dalam pelaksanaan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan komunikasi organisasi karyawan Majalah Gontor di masa pandemi COVID-19 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja karyawan Majalah Gontor di masa pandemi COVID-19. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Kepuasan Komunikasi Organisasi yaitu Fusi Bakke dan Argyris ada suatu ketidaksesuaian yang mendasar antara kebutuhan pegawai yang matang dengan persyaratan formal organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Korelasional dengan pendekatan kuantitatif, yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara Kepuasan Komunikasi Organisasi dengan Motivasi Kerja. Populasi dalam penelitian ini karyawan Majalah Gontor berjumlah 30 orang. Teknik penarikan sampling menggunakan Sampling Non probability yakni Sampling Jenuh atau sensus, yang mana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu karyawan Majalah Gontor. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi kepustakaan dan kuesioner sedangkan teknik analisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian analisis regresi linear Y = 6.964 + 0.275X, variabel (Y) sebesar 0,275. Dilihat dari hasil uji signifikasi sebesar <,001b yang berarti adanya pengaruh yang cukup kuat dan positif dari variabel (X) terhadap variabel (Y). Kemudian nilai koefisien determinasi sebesar 0,321, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang cukup kuat dari Kepuasan Komunikasi Organisasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan Majalah Gontor serta menyarankan agar tetap mempertahankan Kepuasan Komunikasi Organisasi dengan memberikan informasi mengenai tugas dan pekerjaan. Kata Kunci: Kepuasan Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja, Karyawan ABSTRACK THE EFFECT OF ORGANIZATIONAL COMMUNICATION SATISFACTION ON THE WORK MOTIVATION OF EMPLOYEES OF GONTOR MAGAZINE DURING THE COVID-19 PANDEMIC TRI HANIRA 2018210014 (xviii + 5 Chapters + 144 Pages + 55Tables + 1 Picture + 7 Appendices + 36 Bibles (2010-2020)) Organizational communication satisfaction is very important to note because it is an employee's perception of the communication made by the organization such as the information needed by employees to flow effectively and the clarity of information that facilitates the implementation of the work. The existence of COVID-19 has resulted in limited communication that can be done directly, because communication using the media allows for obstacles in carrying out work. The purpose of this study was to determine the effect of organizational communication satisfaction on Gontor Magazine employees during the COVID-19 pandemic and to find out how much influence organizational communication satisfaction had on work motivation of Gontor Magazine employees during the COVID-19 pandemic. The theory in this study uses the theory of Organizational Communication Satisfaction, namely Fusion Bakke and Argyris, there is a fundamental mismatch between the needs of mature employees and the formal requirements of the organization. The method used in this research is the correlational method with a quantitative approach, namely to determine the relationship between organizational communication satisfaction and work motivation. The population in this study were 30 employees of Gontor Magazine. The sampling technique used is non-probability sampling, namely Saturated Sampling or census, in which all members of the population are sampled, namely Gontor Magazine employees. Data was collected by means of observation, literature study and questionnaires, while the analysis technique used simple regression. The results of the research are linear regression analysis Y = 6.964 + 0.275X, the variable (Y) is 0.275. Judging from the results of the significance test of <.001b, which means there is a fairly strong and positive influence of the variable (X) on the variable (Y). Then the value of the coefficient of determination is 0.321, so it can be concluded that there is a fairly strong influence of Organizational Communication Satisfaction on Work Motivation of Gontor Magazine Employees and suggests that they maintain Organizational Communication Satisfaction by providing information about tasks and work. Keywords: Organizational Communication Satisfaction, Work Motivation, Employees

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:59
Last Modified: 14 Dec 2022 07:59
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item