ANALISIS DAMPAK KONTEN EDUKASI INFLUENCER INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU GIZI SEIMBANG FOLLOWERS-NYA

Aulia Rizki Rinalda, Rinalda (2022) ANALISIS DAMPAK KONTEN EDUKASI INFLUENCER INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU GIZI SEIMBANG FOLLOWERS-NYA. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Rinalda.pdf

Download (11kB)

Abstract

ANALISIS DAMPAK KONTEN EDUKASI INFLUENCER INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU GIZI SEIMBANG FOLLOWERS-NYA Aulia Rizki Rinalda1, Khoirul Anwar S.Gz, M.Si 1Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid ABSTRAK : Konten instagram merupakan salah satu sumber infromasi yang dapat disajikan oleh konten creator ataupun influencer dapat memiliki kekuatan untuk memengaruhi dan menggiring opini followers-nya secara online melalui media sosial. Perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku pada kebiasaan makan dan frekuensi aktivitas fisik ini tentunya dapat memengaruhi status gizi seseorang dan akan berkaitan dengan kesehatan seseorang. Desain penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, populasi penelitian ini yaitu followers @dietsantuy.id yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 110 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner mengenai pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang, kuesioner kebiasaan makan, Food Frequency Questionaire (FFQ), global physical activity questionnaire (GPAQ), dan kuesioner mengenai konten Influencer melalui Google form. Hasil menunjukkan bahwa perilaku memiliki hubungan yang signifikan dengan konten @dietsantuy.id dengan nilai p sebesar 0,001 (p < 0,005), sedangkan variabel pengetahuan dan sikap tidak ada hubungan yang signifikan dengan konten @dietsantuy.id. Adanya hubungan yang signifikan antara konten dan perilaku menunjukkan bahwa konten instagram yang influencer buat dapat memengaruhi perilaku seseorang, tingkat hubungan yang lemah menunjukkan bahwa ada faktor lain yang dapat memengaruhi perilaku gizi seimbang. Tidak adanya hubungan yang signifikan antara konten dengan sikap gizi seimbang menunjukkan bahwa faktor lain juga dapat memengaruhi pengetahuan dan sikap seseorang baik faktor usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, dan faktor eksternal lainnya. Kata Kunci : Gizi Seimbang, Influencer, Konten Instagram, Pengetahuan, Sikap, Perilaku ABSTRACT : Instagram content is one source of information that can be presented by content creators or influencers who can have the power to influence and lead their followers' opinions online through media sosial. Changes in knowledge, attitudes and behavior in eating habits and the frequency of physical activity can certainly affect a person's nutritional status and will be related to one's health. The design of this study used a cross-sectional design, the population of this study were followers of @dietsantuy.id who met the inclusion criteria. The sample in this study was 110 respondents using purposive sampling technique. The instruments used are questionnaires regarding knowledge, attitudes and behaviors of balanced nutrition, eating habits questionnaire, Food Frequency Questionnaire (FFQ), global physical activity questionnaire (GPAQ), and questionnaires regarding Influencer content through Google form. The results show that behavior has a significant relationship with content. @dietsantuy.id with a p value of 0.001 (p0.005), while the knowledge and attitude variabels have no significant relationship with the content of 26 @dietsantuy.id. There is a significant relationship between content and Behavior shows that the Instagram content that influencers create can influence a person's behavior, the level of a weak relationship indicates that there are other factors that can influence balanced nutrition behavior. The absence of a significant relationship between the content and the attitude of balanced nutrition shows that other factors can also affect a person's knowledge and attitudes, both age, gender, education level, income level, and other external factors. Keywords : Attitudes, Behavior, Balanced Nutrition, Influencers, Instagram Content, Knowledge

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:04
Last Modified: 16 Dec 2022 08:04
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item View Item