PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE BEAUTYNESIA.ID TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KECANTIKAN DI KALANGAN MAHASISWI FIKOM USAHID

Ersi Ratna Ningsih, Ersi (2021) PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE BEAUTYNESIA.ID TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KECANTIKAN DI KALANGAN MAHASISWI FIKOM USAHID. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Ersi.pdf

Download (341kB)

Abstract

ABSTRACT THE INFLUENCE OF EXPOSURE ONLINE MEDIA BEAUTYNESIA.ID TO KNOWLEDGE ABOUT BEAUTY IN SAHID UNIVERSITY FACULTY OF COMMUNICATION STUDENTS by: Ersi Ratna Ningsih 2016240029 ( xv + 5 bab + 104 hal + 6 lampiran + 3 gbr + 47 tabel + 44 Bibl ) The development of communication and information technology that occurs at this time has raised public awareness of information needs. With the advent of the Internet, it is very easy for people to get and understand information. According to the demographic infographics of the use of the Internet as a media of information in gender aspects in Indonesia, it is dominated by women with a percentage of 51%. Women and beauty are inseparable things. Women use the Internet to get information about beauty including cosmetics, fashion, skincare, lifestyle. In response to this, the online media Beautynesia.id comes with information needed by women to discuss the world of beauty. The purpose of this research is to find out how the influence of Beautynesia.id exposure to knowledge about beauty among Sahid Communication Students. Population of Sahid Communication Students from 2017-2019 is 196 students The theory used in this study is Social Learning Theory. This theory explains that more information gets more attention, the information is stored in the memory of the audience, so understanding of information owned by the audience increases. The method used in this study is a survey method, and using a purposive sampling technique which is the determination of the sampling technique with certain considerations, or the determination of the samples using a particular purpose, there was 66 students meet criteria. The research results obtained, Based on the results of simple linear regression analysis obtained value of R Square of .749 (74.9%), which means that 74.9% of knowledge about beauty can be explained by exposure to Beautynesia.id, and contributions increase by one unit of beautynesia.id exposure to knowledge about beauty 0.210, It can be explained that the Beautynesia.id’s exposure affected knowledge of beauty among Sahid Communication Students. Keywords: Media Exposure, Online Media, Knowledge Beauty. ABSTRAK PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE BEAUTYNESIA.ID TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KECANTIKAN DI KALANGAN MAHASISWI FIKOM USAHID Oleh : Ersi Ratna Ningsih 2016240029 ( xv + 5 bab + 104 hal + 6 lampiran + 3 gbr + 47 tabel + 44 Bibl ) Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang terjadi saat ini telah menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan informasi. Dengan kemunculan Internet, khalayak sangat mudah mendapatkan dan memahami informasi. Berdasarkan infrografis demografi penggunaan Internet sebagai media informasi dalam aspek gender, di Indonesia di dominasi oleh perempuan dengan presentase 51%. Perempuan dan kecantikan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Perempuan menggunakan Internet untuk mendapatkan informasi seputar kecantikan meliputi kosmetik, fashion, skincare, gaya hidup. Menyikapi hal tersebut, media online Beautynesia.id hadir dengan informasi yang dibutuhkan oleh perempuan yakni membahas tentang dunia kecantikan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan media online Beautynesia.id terhadap pengetahuan tentang kecantikan di kalangan Mahasiswi Fikom Usahid dengan populasi mahasiswi angkatan 2017,2018, dan 2019 sebanyak 196 mahasiswi. Teori yang digunakan adalah teori Pembelajaran Sosial, yang menjelaskan bahwa semakin informasi diterima dan mendapat perhatian lebih, maka informasi tersebut tersimpan dalam memori khalayak, maka semakin bertambah pula pemahaman informasi yang dimiliki khalayak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dan pengambila sample menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, didapatkan sebanyak 66 mahasiswi. Hasil penelitian, berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai R Square sebesar 0,749(74,9%), yang berarti bahwa sebesar 74,9% pengetahuan khalayak tentang kecantikan dapat dijelaskan oleh terpaan media online Beautynesia.id. Dan berdasarkan model regresi linier Y= 8,194+0,210Y berarti kontribusi peningkatan persatu satuan terpaan media online Beautynesia.id terhadap pengetahuan tentang dunia gaya dan kecantikan adalah sebesar 0,210 atau 21,0%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terpaan media online Beautynesia.id berpengaruh terhadap pengetahuan tentang kecantikan di kalangan mahasiswi Fikom Usahid. Kata kunci : Terpaan media, Media Online, Pengetahuan kecantikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:48
Last Modified: 15 Feb 2021 03:48
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item