Strategi Humas TVRI Dalam Mempertahankan Reputasi TVRI Sebagai TV Publik

Lianisya Nurafniah, Lianisya (2021) Strategi Humas TVRI Dalam Mempertahankan Reputasi TVRI Sebagai TV Publik. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Lianisya.pdf

Download (75kB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Humas TVRI Dalam Mempertahankan Reputasi TVRI Sebagai TV Publik Lianisya Nurafniah 2015210016 (Viii + 5bab + 100 hal + 11 gambar + 5 lampiran + 22 bibl (2002-2019)) Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Humas TVRI dalam mempertahankan reputasi TVRI sebagai TV public. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisa strategi, Langkah-langkah yang digunakan Humas dalam mempertahankan reputasi TVRI serta faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat terlaksananya strategi tersebut. Konsep – konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah model komunikasi Public Relations James E. Grunig, yaitu model simetris dua arah, model ini menggambarkan komunikasi sebagai proses yang dinamis dan dilakukan secara dua arah guna memperbaiki pemahaman public secara strategi. Strategi Humas menggunakan empat langkah proses Public Relations dalam pemecahan problem menurut Cutlip, Center and Broom yang dirancang dengan mendefinisikan problem, perencanaan dan pemprogaman, mengambil Tindakan dan berkomunikasi dan mengevaluasi program. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan secara jelas dan tearah tentang temuan dilapangan berdasarkan analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan proses reduksi yaitu merangkum dan memilih hal-hal yang penting sehingga data yang sudah direduksi akan memberikan gambaran yang jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Humas yang dilaksanakan oleh TVRI dalam mempertahankan reputasi dinilai positif karena TVRI memiliki program-program seperti bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan masyarakat, membuat kunjungan bagi masyarakat yang ingin mengetahui TVRI, membuat merchandise, dan melakukan penggalangan dana untuk korban bencana. Hal ini ditandai dengan diterimanya program-program Humas TVRI di masyarat luas, keikut sertaan masyarakat dalam program tersebut dan mendapatkan respon yang positif. ABSTRACT TVRI's Public Relations Strategy in Maintaining TVRI's Reputation as Public TV Lianisya Nurafniah 2015210016 (Viii + 5 chapters + 100 pages + 11 pictures + 5 attachments + 22 bibles (2002-2019)) The main problem in this research is how the PR strategy of TVRI in maintaining TVRI's reputation as public TV. The purpose of research it is to determine , analyze strategies , Step- step which is used PR in maintaining the reputation of TVRI and factors of what course the support and hinder the implementation of strategies such . The concept - a concept that is used in research this is a model of communication Public Relations James E. Grunig , namely the model of a symmetrical two- way model it describes the communication as a process that is dynamic and carried out in two directions in order to improve understanding of the public in the strategy . Strategy PR using a four -step process of Public Relations in solving the problem according to Cutlip, Center and Broom are designed to define the problem, planning and pemprogaman , take action and communicate and evaluate the program. The method that is used is descriptive qualitative , ie the research is carried out by way of describing in a clear and tearah about the findings in the field based on the analysis . Mechanical analysis of the data used is the process of reduction that summarizes and choose the things that is important so that the data that has been reduced will give a picture that is clear . The results of the study have demonstrated that the strategy of PR are implemented by TVRI in maintaining the reputation of rated positively because TVRI has programs such as cooperation with the agencies of government and society , making the visit for people who want to know TVRI, make merchandise, and do raise funds for victims of the disaster . It is characterized by the acceptance of programs PR TVRI in masyarat spacious , participation sertaan people in the program are and get responses were positive .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:39
Last Modified: 22 Feb 2021 03:39
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item