Pengaruh Tayangan The Newsroom NET TV Di YouTube Terhadap Minat Menjadi Reporter Tv Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sahid Jakarta

Nurhadi Wibowo, Nurhadi (2021) Pengaruh Tayangan The Newsroom NET TV Di YouTube Terhadap Minat Menjadi Reporter Tv Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sahid Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Wibowo.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Tayangan The Newsroom NET TV Di YouTube Terhadap Minat Menjadi Reporter Tv Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sahid Jakarta Nurhadi Wibowo 2014240012 ( xi + 5 bab + 92 hal + 9 lampiran + 32 Bibl (2010 – 2017) YouTube merupakan salah satu platform media sosial yang berbasis video. YouTube merupakan media komunikasi yang dimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan dan bisa langsung mendapat tanggapan melalui kolom komentar yang tersedia. Tayangan video dari YouTube menjadi salah satu sumber informasi yang berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat, baru kemudian disusul surat kabar, televisi dan radio. Program yang memberikan edukasi kepada penonton adalah The Newsroom yang ditayangkan di NET TV. Program ini merupakan satu- satunya program yang menyajikan informasi jurnalistik dalam bentuk yang berbeda. Program ini menjelaskan tentang bagaimana proses peliputan sebuah berita dan menjelaskan tentang suka duka dilapangan saat proses peliputan berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dan menggunakan teknik Purposive Sampling untuk penarikan samplenya, yaitu adalah teknik penentuan sample dengan pertimbangan tertentu, atau penentuan sample menggunakan tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa tayangan The Newsroom Net TV di YouTube mempunyai hubungan yang tinggi dengan minat menjadi reporter TV dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,88. Artinya tayangan The Newsroom Net TV di YouTube memiliki hubungan yang tinggi dan berpengaruh kuat terhadap minat menjadi reporter TV di kalangan mahasiswa Universitas Sahid Jakarta. Dapat diartikan bahwa pengaruh tayangan The Newsroom Net TV di YouTube berpengaruh kuat berdasarkan indikator frekuensi, durasi, dan isi pesan terhadap minat menjadi reporter TV berdasarkan indikator aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psiko motorik Kata kunci : minat, channel YouTube, tayangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:37
Last Modified: 09 Jun 2021 03:37
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item