Analisa Alur Accounting Departement Dalam Meminimalisasi Kesalahan Saat Pembayaran Hutang (Study Kasus Di Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto Bagian Purchasing Dengan Receiving).

Namira Maharani Azzahra, Namira (2021) Analisa Alur Accounting Departement Dalam Meminimalisasi Kesalahan Saat Pembayaran Hutang (Study Kasus Di Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto Bagian Purchasing Dengan Receiving). Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Namira.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Namira Maharani Azzahra 2017110030. Analisa Alur Accounting Departement Dalam Meminimalisasi Kesalahan Saat Pembayaran Hutang (Study Kasus Di Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto Bagian Purchasing Dengan Receiving). Pembimbing Tanjung Prasetyo,SE,MP. Industri perhotelan memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi dan dunia pariwisata. Hotel memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya dan menciptakan standar operasional prosedur yang dijadikan sebagai standar kepuasan tamu. Accounting departement memiliki peran penting yang berhubungan dengan keuangan hotel. Kegiatan yang berhubungan dengan accounting departement tidak terlepas dengan SOP di dalamnya untuk meminimalisir kesalahan saat pembayaran hutang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembelian (purchasing), penerimaan barang (receiving) dan pembayaran hutang kepada supplier (account payable) pada Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dalam prosedur atau alur dari pembelian barang, penerimaan barang dan pembayaran hutang kepada supplier di Hotel Mercure Jakarta Subroto sudah sesuai dengan teori yang digunakan dan menerapkan sop yang berlaku. Penulis menganalisa bahwa terdapat permasalahan dalam pelaksanaan yang terjadi dilapangan pada bagian receiving dan account payable yang menyebabkan proses pembayaran hutang kepada supplier menjadi terhambat yaitu perihal dokumen yang hilang atau terselip dan supplier sering menunda penukaran faktur sehingga proses pembayaraan terhambat, dengan kata lain pihak manajemen dapat mempertimbangkan pemisahan rak arsip menjadi dua bagian yaitu untuk pembelian yang bersifat market list dan purchase order, pihak manajemen dapat mempertimbangkan arsip bagian receving dilakukan secara digital. Pihak manajemen juga dapat mempertimbangkan kebijakan penukaran faktur agar tidak terjadi penumpukan dokumen di rak lemari arsip. Kata kunci: Purchasing, Receving, Account Payable, Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakulltas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:47
Last Modified: 10 Jun 2021 03:47
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item