Khiran Krisna, Khiran (2022) Evaluasi Sistem Penerimaan Kas (Studi Kasus pada Harris Hotel & Convention Bekasi). Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.
Text
Khiran.pdf Download (385kB) |
Abstract
ABSTRAK Khiran Krisna. NIM 2017110028. Evaluasi Sistem Penerimaan Kas (Studi Kasus pada Harris Hotel & Convention Bekasi). Di bawah bimbingan Kasman, SE, MM. Kas sebagai salah satu akun yang mudah dan riskan untuk diselewengkan, menjadikan SOP sebagai sebuah hal yang penting untuk dilaksanakan agar mencapai pola kerja optimal sebuah hotel. Penelitian ini merupakan studi kasus pada Harris Hotel & Convention Bekasi yang bertujuan untuk mengetahui SOP pada sistem akuntansi penerimaan kas atas penjualan jasa kamar dan membandingkan antara pelaksanaan SOP dengan realisasi yang terjadi di lapangan dalam penerimaan kas. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan sistem akuntansi penerimaan kas atas penjualan jasa kamar, 2) mengidentifikasi prosedur pembuatan laporan penerimaan kas atas penjualan jasa kamar, 3) membandingkan antara SOP dengan realisasi yang terjadi di lapangan, 4) Menjabarkan bahwa dari 11 Tahapan SOP dalam Penerimaan kas, pada realisasinya, Harris Hotel & Convention Bekasi sudah melaksanakannya sesuai dengan SOP yang berlaku kecuali 2 (dua) point yang belum sesuai karena terdapat kendala berupa jumlah uang yang tidak sesuai dengan nominal yang tertera pada sistem dan masih ditemuinya beberapa dokumen yang kekurangan tanda tangan akibat kurangnya ketelitian staff pada saat penutupan shift. Kata kunci: Sistem Penerimaan Kas, Standard Operating Procedure (SOP), Realisasi SOP, Harris Hotel & Convention Bekasi. ABSTRACT Khiran Krisna. NIM 2017110028. Evaluation of Cash Receipt System (Case Study at Harris Hotel & Convention Bekasi). Under the guidance of Kasman, SE, MM. Cash as an account that is easy and risky to be misappropriated, makes SOP as an important thing to implement in order to achieve an optimal working pattern for a hotel. This research is a case study at Harris Hotel & Convention Bekasi which aims to find out the SOP on the cash receipts accounting system for the sale of room services and compare the implementation of the SOP with the realization that occurs in the field in cash receipts. The data analysis method used is descriptive qualitative and descriptive comparative. Data collection techniques used are in-depth interviews and documentation. The results of the study show the following: 1) Describe the accounting system for cash receipts for the sale of room services, 2) identify procedures for preparing cash receipts reports for room service sales, 3) compare the SOP with the realization that occurs in the field, 4) Describe that of 11 SOP stages in cash receipts, in reality, Harris Hotel & Convention Bekasi has implemented it in accordance with the applicable SOP except for 2 (two) points that are not appropriate because there are obstacles in the form of the amount of money that does not match the nominal stated on the system and several documents are still encountered which lacks signatures due to lack of thoroughness of staff at the time of shift closing. Keywords: Cash Receipt System, Standard Operating Procedure (SOP), SOP Realization, Harris Hotel & Convention Bekasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakulltas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | sis gunawan usahid |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 03:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 03:41 |
URI: | http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/2110 |
Actions (login required)
View Item |