Talitha Zuleika, Talitha (2023) HUBUNGAN EMOTIONAL EATING DENGAN STATUS GIZI SISWA SMAN 1 MEGAMENDUNG KABUPATEN BOGOR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Sahid.
Text
Talitha Zuleika.pdf Download (440kB) |
Abstract
ABSTRAK: Emotional eating merupakan konsumsi makanan secara berlebih untuk mengatasi emosi negatif dan stres sehingga memiliki risiko kenaikan berat badan dan memengaruhi status gizi. Pandemi Covid-19 menyebabkan siswa SMA mengalami gangguan emosional karena perubahan yang terjadi termasuk proses belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan emotional eating dengan status gizi siswa SMA selama masa pandemi Covid-19. Rancangan penelitian adalah cross-sectional dengan jumlah responden 91 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner PSS (Perceived Stress Scale), EEQ (Emotional Eating Quistionnare) dan FFQ (Food Frequency Questionnaire). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis uji Spearman menggunakan aplikasi excel 2013 dan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sebagian besar responden mengalami stres sedang sebanyak 77 responden( 84%) responden yang termasuk emotional eater berjumlah 47 responden (51,6%) kebiasaan makan responden sebagian besar termasuk kategori sering pada setiap jenis makanan dan status gizi responden sebagian besar termasuk kategori baik berjumlah 71 responden (78%) Berdasarkan hasil analisis bivariat variabel emotional eating tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan status gizi siswa SMAN 1 Megamendung dengan p=0,638 menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara emotional eating dengan status gizi. Kata kunci: Covid-19, emotional eating, siswa SMA, status Gizi dan stres
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan > Ilmu Gizi |
Depositing User: | sis gunawan usahid |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:28 |
URI: | http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/3166 |
Actions (login required)
View Item |