STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADI UMKM UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS

Rachmat Budiarti, Rachmat (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADI UMKM UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Rachmat.pdf

Download (645kB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADI UMKM UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS Rachmat Budiarti (2019219011) Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran PaDi UMKM dalam meningkatkan brand awareness. Komunikasi pemasaran yang dilakukan PaDi UMKM lebih menitikberatkan pada kegiatan komunikasi pemasaran di media sosial dan internet tetapi juga dilakukan melalui kegiatan periklanan (advertising), sosialisasi, publikasi, promosi penjualan untuk meningkatkan brand awareness. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur mendalam untuk memperoleh informasi yang lengkap sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peneliti, dalam kegiatan wawancara peneliti mewawancarai beberapa informan dengan tujuan bisa mendapatkan informasi atau data yang lengkap sesuai data yang akan diteliti. Selain itu, guna menunjang penulisan karya ilmiah ini peneliti menggunakan beberapa konsep komunikasi yang berhubungan dengan penelitian, yaitu komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, new media (media baru), sosial media, brand awareness, dan sebuah model komunikasi yaitu model brand awareness. PaDi UMKM menggunakan Instagram untuk menyebarkan segala informasi terkait operasional dan kegiatan sosialnya kepada masyarakat. Hal ini berimbas positif pada brand awareness. Beberapa elemen yang menjadi kriteria untuk mencapai tujuan awareness menggunakan media sosial ialah jumlah likes, followers, hashtag dan viewer. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PaDi UMKM melalui media sosial. Dalam penelitian ini didapati bahwa PaDi UMKM telah menggunakan strategi komunikasi dalam upaya meningkatkan brand awaraness PaDi UMKM itu sendiri, salah satunya ialah dengan cara melakukan pemanfaatan media sosial Instagram melalui media sosial campaign, pembuatan konten-konten yang menarik dan juga sosialisasi PaDi UMKM. Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Brand Awaraness, PaDi UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:14
Last Modified: 30 Nov 2022 03:14
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/2202

Actions (login required)

View Item View Item