STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK CITRA PERUM BULOG MELALUI INSTAGRAM

SULASTRI KARTINI ASIH, SULASTRI (2021) STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK CITRA PERUM BULOG MELALUI INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Asih.pdf

Download (346kB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK CITRA PERUM BULOG MELALUI INSTAGRAM SULASTRI KARTINI ASIH 2016210037 Vii + 5 Bab + 175 Hal + 7 Lampiran Perum BULOG sering kali diterpa dengan isu-isu dan berita negatif, yang mana hal tersebut dapat memengaruhi citra Perum BULOG itu sendiri. Keberadaan Internet memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan khalayaknya guna menciptakan rasa saling pengertian. Ada beberapa tujuan dari penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui strategi Cyber Public Relations dalam membentuk Citra Perum BULOG. Kedua, mengetahui langkah-langkah yang dilakukan Humaslem untuk menjalankan startegi tersebut. Ketiga, mengetahui faktor-faktor kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran kuisioner. Informan kunci pada penelitian ini adalah Bapak Tomi Wijaya selaku Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Kelembagaan (Humaslem) Perum BULOG. Informan lainnya, yaitu Bapak Dennys Saputra selaku kepala Seksi Hubungan Informasi dan Media (HIM) Humaslem dan Ibu Mesya Permata Sari selaku staf HIM Humaslem dan Admin Instagram Perum BULOG. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Cyber Public Relations dalam membentuk citra Perum BULOG melalui Instagram adalah dengan melakukan publikasi online melalui Instagram dan memanfaatkan Instagram sebagai sarana komunikasi untuk memberikan informasi dan melakukan penjernihan dari isu-isu dan berita negatif. Adapun langkah-langkah untuk menjalankan strateginya tersebut melalui Instagram, yaitu verified account, media planner, penjernihan berita negatif, desain konten yang menarik, berencana menggunakan vendor, membandingkan akun BULOG dengan akun perusahaan BUMN lainnya. Kemudian, terdapat faktor-faktor yang menjadi Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman pada strategi tersebut yang dijelaskan dalam Bab Pembahasan. Key Words: Strategi Cyber Public Relations, Membentuk Citra Perusahaan, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:29
Last Modified: 17 Feb 2021 06:29
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item