STRATEGI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA UNTUK MENSEJAHTERAHKAN NELAYAN BERDASARKAN MODEL PROSES HUMAS EMPAT LANGKAH

Muhammad Ilham Nofitra, Nofitra (2021) STRATEGI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA UNTUK MENSEJAHTERAHKAN NELAYAN BERDASARKAN MODEL PROSES HUMAS EMPAT LANGKAH. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Nofitra.pdf

Download (7kB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA UNTUK MENSEJAHTERAHKAN NELAYAN BERDASARKAN MODEL PROSES HUMAS EMPAT LANGKAH Muhammad Ilham Nofitra (2018219002) (ix + 5 Bab + 118 Halaman + 40 Lampiran + 34 Bibl (2004-2020)) Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana Humas KKP membuat strategi untuk sosialisasi yang lebih terpublikasi terhadap kebijakan kementerian, yang seharusnya kebijakan tersebut menguntungkan bagi nelayan dan dapat membuat nelayan sejahtera, akan tetapi tidak menguntungkan karena ketidakpahaman nelayan tersebut akan kebijakan kementerian tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dalam mensosialisasikan kebijakannya, terutama untuk mensejahterakan nelayan. Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model proses humas empat langkah Cutlip, Center, Broom. Dan dengan strategi aksi dan berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan studi kasus Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam dengan key person atau narasumber kunci dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dalam mensosialisasikan kebijakan kementerian dengan model proses humas empat langkah, membentuk strateginya menentukan atau mencari permasalahannya terlebih dahulu, kemudian melakukan perencanaan dan pemrogramannya, setelah itu selanjutnya melakukan tindakan dan pengkomunikasian, dan terakhir ialah melakukan evaluasi. Dan dengan delapan proses perencanaan dan penetapan program humas. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah menjelaskan model proses humas empat langkah yang berisi menentukan masalah, perencanaan pemrograman, tindakan dan komunikasi, dan evaluasi dan juga dengan delapan proses perencanaan dan penetapan program humas, yang antara lain. Pertama peran dan misi, kedua menentukan wilayah sasaran, ketiga mengidentifikasi dan menentukan indikator efektivitas, keempat memilih dan menentukan sasaran, kelima mempersiapkan rencana tindakan, keenam membangun pengawasan, ketujuh berkomunikasi, dan terakhir kedelapan pelaksanaan atau implementasi. Kata kunci: Strategi Humas, sosialisasi, kebijakan, nelayan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:01
Last Modified: 19 Feb 2021 07:01
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item