EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @TRAVELOKA SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK PERJALANAN WISATA BAGI FOLLOWERS DI ERA COVID – 19

Rahmat Dzuri Azani, Rahmat (2021) EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @TRAVELOKA SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK PERJALANAN WISATA BAGI FOLLOWERS DI ERA COVID – 19. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Azani.pdf

Download (134kB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @TRAVELOKA SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK PERJALANAN WISATA BAGI FOLLOWERS DI ERA COVID – 19 Oleh: Rahmat Dzuri Azani 2016210015 (xv + 5 Bab + 153 Hal + 31 Tabel + 5 Lampiran + 48 Bibl (2002 – 2021)) Di era Covid-19 media informasi sangat penting dan dibutuhkan bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi dan akomodasi wisata dalam hal ini khususnya bagi Traveloka dan para konsumennya atau followernya agar saling dapat menyampaikan dan memberikan informasi penting yang dibutuhkan oleh konsumen maupun Traveloka melalui media yang mudah diakses, dapat untuk menampilan foto atau gambar yaitu istagram yang kini digemari oleh masyarakat banyak sehingga hasilnya efektif sesuai yang diharapkan bagi kedua belah pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi dari akun Instagram @traveloka sebagai media informasi dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari akun Instagram @traveloka terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori New Media menurut Pierre Levy, dimana teori ini mengemukakan bahwa media baru dipandang sebagai sebuah ruang informasi yang dapat digunakan dan diakses oleh siapapun secara bebas untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain, sehingga memberikan kesempatan bagi siapapun untuk dapat menciptakan atau mengembangkan cara penyampaian informasi dengan semenarik mungkin, karena tidak adanya keterbatasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana proses pengumpulan data menggunakan kuesioner, serta penarikan sampel dengan menggunakan rumus Yamane untuk memilih sampel dengan jumlah populasi yang sangat besar, sehingga diperoleh sebanyak 400 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 31% responden menilai efektivitas akun Instagram @traveloka sebagai media informasi untuk perjalanan wisata bagi followers di era Covid-19, sangat efektif yang artinya isi dari konten-konten informasi mengenai perjalanan wisata yang dibagikan sudah sangat sesuai dengan kebutuhan serta harapan dari para followers. Saran dalam penelitian ini yakni ada baiknya jika pengembangan serta perbaikan terhadap segala bentuk konten informasi yang diproduksi oleh Traveloka dilakukan, supaya dapat lebih menarik perhatian serta dapat terus memenuhi kebutuhan informasi bagi konsumen. Kata kunci: Efektivitas, Media Informasi, Pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:08
Last Modified: 10 Jan 2022 08:08
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item