Yesa Felicia Santoso, Yesa Felicia (2021) Efektifitas Media Internal Website MyBCA Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT Bank Central Asia Tbk. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.
Text
Yesa.pdf Download (177kB) |
Abstract
ABSTRAK Efektifitas Media Internal Website MyBCA Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT Bank Central Asia Tbk Yesa Felicia Santoso 2016210048 (xvi + bab 5 + 128 hal + 42 tabel + 2 gbr + 4 lampiran + 35 bibl (2002 – 2018)) BCA merupakan organisasi yang besar sehingga penyampaian informasi sulit jika tidak menggunakan media yang tepat. Website MyBCA dipilih sebagai media internal yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi. Adapun penelitian ini berjudul “Efektivaitas Media Internal Website MyBCA dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT Bank Central Asia Tbk”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media internal website MyBCA efektif digunakan dalam pemenuhan kebutuhan informasi para karyawannya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode quota sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner. Kemudian data yang didapat dianalisa dengan menyederhanakan data menggunakan coding book dan coding sheet. Teori yang digunakan adalah teori Uses & Gratification dimana penulis membatasi dalam kebutuhan kognitif atau kebutuhan seputar informasi. Penilaian pemenuhan kebutuhan informasi meliputi distribution, awareness, reliability, understanding, readability, dan cost. Berdasarkan hasil penelitian, indikator distribution dan awareness mendapatkan hasil paling rendah yang berarti masih perlu ditingkatkan lagi agar informasi langsung terbaca saat terbit dan informasi mudah diingat. Sedangkan untuk reliability mendapatkan hasil yang paling tinggi dibandingkan indikator yang lainnya yang berarti sudah baik dalam memberikan informasi terkait pesoalan-persoalan yang ada. Sehingga website MyBCA merupakan media internal yang efektif dalam pemenuhan kebutuhan informasi terkait SK/SE (Surat Keterangan/Surat Edaran), Promo BCA, Update Berita, Produk BCA, dan SOP (Standar Operasional Prosedur) serta dalam penyampaian informasi seputar persoalan jadwal buka tutup cabang dan juga Visi, Misi dan Tata Nilai BCA. Kata Kunci : Efektivitas, Media Internal, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Uses & Gratifications
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | sis gunawan usahid |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 03:46 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 03:46 |
URI: | http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/189 |
Actions (login required)
View Item |