Bernowo Akbar Al Araaf, Bernowo (2021) PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI BALIHO & PAMFLET KAMPANYE POLITIK DI LINGKUNGAN RW 007 BEKASI. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.
Text
Bernowo.pdf Download (169kB) |
Abstract
ABSTRAK PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI BALIHO & PAMFLET KAMPANYE POLITIK DI LINGKUNGAN RW 007 BEKASI Bernowo Akbar Al Araaf 2015210044 Bernowo Akbar Al Araaf, 2015210044, Persepsi Masyarakat Mengenai Baliho & Pamflet Kampanye Politik Di Lingkungan RW 007 Bekasi , dibawah bimbingan Dr. Mirza Ronda, M.Si. (Dosen Pembimbing Utama) dan Aska Leonardi, S.Ikom., M.IkomM (Dosen Pembimbing Pembantu), kata kunci : Persepsi Masyarakat, Media Luar Ruang, Baliho & Pamflet, 86 halaman. Dalam Komunikasi politik, persepsi khalayak terhadap tokoh politik bisa dibangun lewat berbagai cara, salah satunya dengan iklan, tujuan iklan politik berupa reklame membangun kredibilitas tokoh politik. maraknya iklan politik di media massa sebagai strategi kampanye politik, peneliti kemudian tertarik untuk meneliti tentang persepsi pemilih terhadap tampilan kampanye politik di media massa. Selain itu, penelitian menemukan bahwa pemilih yang memiliki ketertarikan dan keterlibatan yang kurang terhadap kampanye politik, telah menjadikan kampanye politik melalui media kampanye sebagai sumber informasi mereka tentang kandidat. Rumusan Masalah : “Sejauh mana Persepsi Masyarakat Mengenai Baliho & Pamflet Kmapanye Politik di Lingkungan Warga RW 007,Kelurahan Kranji? “Identifikasi masalah : a. Sejauhmana persepsi masyarakat terhadap keberadaan Baliho kampanye Caleg 2019 di lingkungan warga. b. Sejauhmana persepsi masyarakat terhadap keberadaan Pamflet kampanye Caleg 2019 di lingkungan warga. Metodoligi Penelitian : a. Operasional Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel, yaitu Persepsi Masyarakat Mengenai Media Kampanye di lingkungan RW 007 Perumnas 1 Bekasi Barat, b. Populasi dalam penelitian ini adalah warga yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap di lingkungan RW 007 Perumnas 1 Kranji yang berjumlah 1.973 orang, c. Peneliti memilih teknik penarikan sempel menggunakan Nonprobability Sampling, teknik pengambilan sempel yang tidak memberikan peluangataukesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sempel. Kesimpulan : 1. Dari hasil penelitian mengenai indikator perhatian terhadap media luar ruamg kampanye diketahui memiliki katagori tidak setuju. Hal tersebut dapat diartikan dengan demikian menunjukan bahwa setiap informasi dan pesan yang dimiliki dalam media kampanye berupa baliho dan pamflet tidak menarik perhatian khalayak untuk melihat informasi yang ditampilkan dalam lingkungan RW 007 Perumnas 1, 2. Dari hasil penelitian mengenai indikator penerimaan terhadap media luar ruang kampanye diketahui memiliki katagori tidak setuju. Hal tersebut dapat diartikan dengan demikian menunjukan bahwa penerimaan khalayak terhadap media luar ruang kampanye belum cukup untuk diterima oleh khalayak dengan baik di lingkungan RW 007 Perumnas 1, 3. Dari hasil penelitian mengenai indikator pemahaman terhadap media luar ruang kampanye diketahui memiliki katagori tidak setuju. Hal tersebut dapat diartikan dengan demikian menunjukan bahwa pemahaman khalayak terhadap keberadaan media luar ruang kampanye belum cukup untuk dipahami oleh khalayak dengan baik di lingkungan RW 007 Perumnas 1, 4. Dari hasil keseluruhan penelitian mengenai persepsi masyarakat mengenai media luar ruang kampanye diketahui memiliki katagori tidak setuju. Hal tersebut dapat diartikan dengan demikian menunjukan bahwa persepsi masyarakat mengenai pemasangan media luar kampanye belum cukup untuk diterima oleh khalayak dengan baik lingkungan RW 007 Perumnas 1. Saran : 1. Ada baiknya warga memiliki perhatian terhadap papan baliho dan pamflet sebagai infomarsi singkat terhadap calon legislatif, 2. Adanya peningkatan pemahaman bagi masyarakat terhadap baliho dan pamlet yang ada di lingkungan RW 007 Perumnas untuk mengetahui secara detail calon legislatif yang ada papan baliho dan pamflet, 3. Adanya penerimaan bagi masyarakat atas adanya papan baliho dan pamflet untuk dapat memperoleh informasi singkat tentang calon legislatif di lingkungan RW 007 Perumnas, 4. Adanya peningkatan persepsi masyarakat atas adanya papan baliho dan pamflet atas dasar informasi singkat dari calon legislatif di lingkungan RW 007 Perumnas. ABSTRACT COMMUNITY PERCEPTION OF BALIHO & PAMFLET POLITICAL CAMPAIGN IN RW 007 BEKASI Bernowo Akbar Al Araaf 2015210044 Bernowo Akbar Al Araaf, 2015210044, Community Perceptions Of Baliho & Pamflet Political Campaign In RW 007 Bekasi, under the guidance of Dr. Mirza Ronda, M.Si. (Main Advisor Lecturer) and Aska Leonardi, S.Ikom., M.IkomM (Assistant Lecturer), keywords: Community Perception, Outdoor Media, Billboards & Pamphlets, 75 pages. In political communication, public perception of political figures can be built in various ways, one of which is by advertising, the purpose of political advertising in the form of advertisement is building the credibility of political figures. The rise of political advertising in the mass media as a political campaign strategy, researchers are then interested in examining the perceptions of voters on the appearance of political campaigns in the mass media. Besides, the study found that voters who have less interest and involvement in political campaigns have made political campaigns through the media campaign their source of information about candidates. Problem Formulation: "Community Perceptions Of Baliho & Pamflet Political Campaign In RW 007 Bekasi? "Identification of the problem: a. How far the community's perception of the existence of the 2019 Legislative Candidate campaign in the neighborhood of citizens. b. How far is the community's perception of the existence of the 2019 Legislative Candidate campaign in the community? Research Methodology: a. Operational Variables in this study consisted of one variable, namely Community Perceptions Regarding Campaign Media in RW 007 Perumnas 1 West Bekasi, b. The population in this study are citizens listed in the Permanent Voter List in RW 007 Perumnas 1 Kranji, amounting to 1,973 people, c. Researchers chose the sampling technique using Nonprobability Sampling, a sampling technique that does not provide equal opportunityatauopportunity for each element or member of the population to be selected as a sempel. Conclusions: 1. From the results of research on indicators of attention to the media outside the campaign space known to have the category of disagree. This can be interpreted thus showing that every information and message held in the campaign media in the form of billboards and pamphlets do not attract the attention of the public to see the information displayed in RW 007 Perumnas 1, 2. From the results of research on indicators of acceptance of media outside the campaign space known to have a category of disagree. This can be interpreted thus indicating that the acceptance of the audience to the media outside the campaign space is not enough to be accepted by the public well in RW 007 Perumnas 1, 3. From the results of research on indicators of understanding the media outside the campaign, space is known to have a category of disagreement. This can be interpreted thus showing that the public's viii understanding of the existence of media outside the campaign space is not enough to be understood by the public well in RW 007 Perumnas 1, 4. From the overall results of research on public perceptions about media outside the campaign space, it is known to have a category of disagree. This can be interpreted thus indicating that public perceptions regarding the installation of media outside the campaign are not sufficient to be accepted by the public with a good environment RW 007 Perumnas 1. Suggestions: 1. It is good for citizens to pay attention to billboards and pamphlets as a piece of brief information on legislative candidates, 2. There is an increase in public understanding of billboards and pamphlets in RW 007 Perumnas to find out in detail the legislative candidates who have billboards and pamphlets, 3. There is acceptance for the public of the existence of billboards and pamphlets to be able to obtain brief information about prospective candidates legislature in RW 007 Perumnas, 4. Increased public perception of the existence of billboards and pamphlets based on brief information from legislative candidates in RW 007 Perumnas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | sis gunawan usahid |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 04:07 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 04:07 |
URI: | http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/638 |
Actions (login required)
View Item |