EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @KITABISACOM DALAM MENDORONG SOLIDARITAS SOSIAL DI KALANGAN MASYARAKAT

Amos Partogi Wicaksana, Amos (2021) EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @KITABISACOM DALAM MENDORONG SOLIDARITAS SOSIAL DI KALANGAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.

[img] Text
Amos.pdf

Download (8kB)

Abstract

EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @KITABISACOM DALAM MENDORONG SOLIDARITAS SOSIAL DI KALANGAN MASYARAKAT Oleh: Amos Partogi Wicaksana NIM 2015219058 ABSTRAK Beberapa tahun terakhir, penggalangan dana berbasis internet atau sering disebut crowdfunding kian marak dilakukan masyarakat Indonesia. Selain itu, media sosial juga kian berkembang di berbagai kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas akun instagram @Kitabisacom dalam mendorong solidaritas sosial di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan followers akun instagram @Kitabisacom. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana efektivitas akun instagram @Kitabisacom dalam mendorong solidaritas sosial di kalangan masyarakat. Pada awalnya peneliti membuat suatu hipotesis yaitu adanya kemungkinan akun Instagram @Kitabisacom efektif dalam mendorong hadirnya solidaritas sosial di kalangan masyarakat. Namun sebuah hipotesis akan lebih meyakinkan apabila dapat dibuktikan akurasinya secara ilmiah. Untuk itu penelitian dilakukan guna membuktikan hipotesis tersebut dengan metode-metode yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan menggunakan teknik penarikan sample Accidental Sampling kepada 100 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas akun instagram @Kitabisacom dalam mendorong solidaritas sosial di kalangan masyarakat, hasilnya adalah cukup efektif. Penilaian ini telah dilakukan berdasarkan hasil penyebaran kuesioner yang telah di olah kedalam tabulasi data dan coding sheet. Hasil cukup Efektif ditunjukkan melalui hasil perhitungan skor hasil kuesioner yang menunjukkan, sebagian pengunjung menjawab setuju dari masing-masing pernyataan dalam kuesioner. KataKunci: Instagram, Kitabisa.com, Crowdfunding, Teori Efektivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sis gunawan usahid
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:10
Last Modified: 29 Mar 2021 06:10
URI: http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item