Annisa Bunga Fitri, Bunga (2021) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MITRA BLUEBIRD PADA MASA TRANSISI PSBB (STUDI KASUS PADA PELANGGAN KLIKINDOGROSIR). Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.
Text
Annisa Bunga.pdf Download (347kB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MITRA BLUEBIRD PADA MASA TRANSISI PSBB (STUDI KASUS PADA PELANGGAN KLIKINDOGROSIR) Annisa Bunga Fitri 2017210005 (xi + 5 bab + 92 halaman + 6 lampiran + 47Bibl (2001-2017) Komunikasi adalah hal yang biasa dilakukan petugas layanan dalam memberikan layanan. Nilai baik atau tidaknya sebuah layanan sering kali dilihat dari bagaimana cara petugas pemberi layanan dalam berkomunikasi dengan pengguna layanan. Untuk keterampilan komunikasi ini haruslah dimiliki dan dikuasai dengan baik oleh setiap petugas pemberi pelayanan. Komunikasi sangat berperan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi pelayanan publik terhadap kepuasan mitra Bluebird pada masa transisi PSBB pada pelanggan klikindogrosir). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dan menggunakan teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, atau penentuan sampel menggunakan tujuan tertentu, dengan begitu sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 orang yang merupakan pengguna Klikindogrosir pada saat PSBB pertama di bulan April dan Mei 2020. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dilakukan jika korelasi antara dua variabel mempunyai hubungan kausal (sebab akibat) atau hubungan fungsional. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji empiris pengaruh kualitas komunikasi pelayanan publik terhadap kepuasan pelanggan menunjukan t hitung 14.949dan p value (sig) sebesar 0,00 yang dibawah alpha 5% artinya ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi pelayanan publik terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian dapat menerima hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang positif antara kualitas komunikasi pelayanan publik dan kepuasan pelanggan nilai beta dalam unstandardized coefficients variabel kualitas komunikasi pelayanan publik menunjukan angka sebesar 0,854 yang artinya adalah besaran koefisien kualitas komunikasi pelayanan publik terhadap kepuasan pelanggan adalah 85,4%. Jika dikaitkan dengan penelitian ini, dapat dikatakan bahwa kualitas komunikasi pelayanan publik berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang merupakan pengguna Klikindogrosir pada saat PSBB pertama di bulan April dan Mei 2020. Kata Kunci : Komunikasi pelayanan publik, kepuasan pelanggan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | sis gunawan usahid |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 03:51 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 03:51 |
URI: | http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/662 |
Actions (login required)
View Item |