Adnandika Pangestu, Pangestu (2021) Pengaruh Tayangan YouTube Atenx Katros Terhadap Minat Modifikasi Bagi Komunitas Caferacer Solo. Skripsi thesis, Universitas Sahid Jakarta.
Text
Pangestu.pdf Download (190kB) |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Tayangan YouTube Atenx Katros Terhadap Minat Modifikasi Bagi Komunitas Caferacer Solo Adnandika Pangestu 2015240046 (xiv + 5 bab + 95 Hal + 25 Tabel + Lampiran + Bibl(22)) Saat ini dunia modifikasi/custom sedang digemari banyak kalangan terutama kaum pria. Karena dengan adanya perkembangan dunia modifikasi ini, para pecinta roda dua jadi bisa berkreasi yang disalurkan melalui kendaraannya. Saat ini platform media YouTube menjadi salah satu referensi untuk para pecinta roda dua memodifikasi motornya. Banyak channel YouTube yang membahas konten-konten tentang modifikasi motor. Salah satunya adalah channel Atenx Katros. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification dikarenakan adanya hubungan antara teori uses and gratification dengan konteks apa yang penulis teliti adalah hubungan bagaimana media membuat tayangan dan memberikan kepuasan kepada khalayak, terlebih objek penelitian ini adalah tentang YouTube banyak digunakan untuk mencari referensi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanatif. Penelitian ini menggunakan total sampling sebanyak 110 responden dan analisa data menggunakan Pearson’s Correlation (Product Moment). Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh tayangan YouTube Atenx Katros terhadap minat modifikasi motor bagi komunitas Caferacer Solo sebesar 0,69 yang artinya adalah memiliki pengaruh yang kuat, yang dalam hal ini dikategorikan tinggi. Saran peneliti agar para pecinta otomotif bisa saling memberikan informasi lebih satu sama lain mengenai otomotif tersebut, karena dengan adanya banyak informasi yang di dapat, semakin banyak juga orang yang tahu mengenai hal tersebut. Kata Kunci; Tayangan YouTube, Minat Modifikasi ABSTRACT The Impact of Atenx Katros’ YouTube Content on Interest in Modification for Caferacer Community Solo Adnandika Pangestu 2015240046 (xiv + 5 bab + 95 Page + 25 Table + 10 Attachment + Bibl(22)) Nowadays, customizing is popular around society especially men. As the world of modification is now developing, the motorcycle enthusiast can express their creativity through their vehicle. Currently, the YouTube platform is being one of the reference for the motorcycle lovers to modify their vehicle. There are many Youtube channels disscussing about motorcycle modification. One of them is Atenx Katros’ channel. This study excerts Uses and Gratification theory due to the correlation between the Uses and Gratification theory with the context of the writer’s research. The correlation is between how media conducts an impression and gives satisfaction to the audience, especially the object of this study is about YouTube as the most used platform for seeking a reference. The method applied on this study is explanative survey methodology. This study uses total sampling as many as 110 respondents and analyzing the data using Pearson’s Correlation (Product Moment) The result of this study shows that the impact of Atenx Katros’ YouTube content on interest in modification for caferacer community Solo is 0,69. It means that the impact is intense and in this matter it could be categorized as high. Researchers suggest that automotive enthusiasts can give each other more information about automotive, because it provides a lot of information that can more people know about it. Key Words: YouTube Impression, Interest on Modification.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | sis gunawan usahid |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 04:29 |
URI: | http://repository.usahid.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
View Item |